Luhut Sowan Habib Luthfi, Ini Pesan Tegas bagi Perusuh

29 May 2019 16:05 Politik

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan meski disebut-sebut dalam ancaman para perusuh, kini tetap melakukan aktivitas tugasnya. Kali ini, bersama beberapa pejabat negara dan tokoh nasional, Luhut melakukan kunjungan ke Habib Lutfi bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Dalam pertemuan itu, Luhut menyampaikan pesan Habib bahwa pemerintah harus bertindak tegas terhadap para perusuh dan aktor utama serta jangan ragu-ragu menegakkan hukum.

“Beliau mendukung upaya Polri menindak tegas para perusuh, mencari dalang kerusuhan dan membawa mereka ke muka hukum. Upaya para perusuh jelas-jelas telah merusak dan mengancam bangunan demokrasi yang kita bangun,” ujar Luhut, Rabu 29 Mei 2019.

Habib lutfi juga menyesalkan adanya korban yang ditimbulkan akibat peristiwa tersebut. Selain itu juga memberikan dukungan kepada Polri dan lembaga yang berwenang untuk menuntaskan rusuh massa dan dampak yang ditimbulkan.

”Kami berduka cita mendalam atas jatuhnya korban jiwa dan kerusakan atau kehilangan harta benda dalam kerusuhan itu. Kepada para perusuh dan aktor intelektual, mari sudahi cara berpikir picik agar tidak timbul korban selanjutnya,” kata Luhut Binsar Panjaitan.

”Kita berduka cita mendalam atas jatuhnya korban jiwa dan kerusakan atau kehilangan harta benda dalam kerusuhan itu. Kepada para perusuh dan aktor intelektual, mari sudahi cara berpikir picik agar tidak timbul korban selanjutnya,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan terkait aktor utama dibalik kerusuhan, Luhut menyampaikan, “Ya sekarang sudah mulai kelihatan. Saya kira pak Wiranto dan Kapolri nanti yang akan menjelaskannya”.

Terkait beberapa teror yang bergeser ke daerah, Luhut mengatakan sampai sekarang kita terus mengejar, karena pemerintah tidak akan membiarkan itu dan presiden juga sudah memerintahkan untuk menindak tegas semua yang melanggar ketentuan dan bisa memecah persatuan dan kesatuan, serta memecah ideologi pancasila.

Menko Maritim juga menghimbau kepada masyarakat supaya tenang, percaya bahwa pemerintah akan bekerja sesuai undang-undang yang ada. Dan itu juga salah satu imbauan dari Habib Lutfi. (adi)