Lora Fadil, Anggota DPR Beristri 3 Tidur saat Pelantikan

03 Oct 2019 16:20 Human Interest

Anggota DPR Fraksi NasDem Lora Achmad Fadil Muzakki Syah atau akrab dipanggil Lora Fadil, viral saat pelantikan DPR RI periode 2019-2024 di Gedung Nusantara DPR Senayan, Jakarta pada Selasa 1 Oktober 2019.

Lora Fadil datang bersama ketiga istrinya, yakni Siti Aminah, Yeni Kurnia, dan Novita Kusumaningrum. Momen ini diabadikan oleh akun Instagram @pondokpesantren_alqodiri.

Dalam unggahan tersebut, ketiga istri Lora Fadil tampak akur, bahkan mereka kompak menggunakan busana dengan warna biru. Lora Fadil pun mengenakan dasi berwarna biru, yang senada dengan busana para istrinya.

Tak hanya itu, foto-foto Lora Fadil yang tertidur saat sidang pelantikan juga menjadi buah bibir di media sosial.

Lora Fadil terlihat tidur dengan kedua tangan bersilang dan tubuh menyender kursi. Sementara, anggota DPR lain dengan menengadahkan tangan dan terlihat sedang berdoa.

Anggota DPR Fraksi NasDem Lora Achmad Fadil Muzakki Syah Lora Fadil tertidur saat anggota DPR lainnya tengah berdoa di Gedung Nusantara DPR Senayan Jakarta Selasa 1 Oktober 2019
Anggota DPR Fraksi NasDem Lora Achmad Fadil Muzakki Syah (Lora Fadil) tertidur saat anggota DPR lainnya tengah berdoa di Gedung Nusantara DPR Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Menjawab hal itu, Lora Fadil mengaku saat itu ia memang kurang tidur karena agenda yang cukup padat dan mengharuskannya bolak-balik dari satu hotel ke hotel lain. Apalagi, saat itu ada demo di depan Gedung DPR yang membuat waktunya terbuang di jalan.

"Itu memang semalaman enggak tidur. Jadi dari siangnya enggak tidur karena banyak acara di hotel, ketemu teman, acara KPU. Sampai malamnya juga enggak bisa tidur," ungkap Lora Fadil.

"Hotel yang disediakan KPU (Komisi Pemilihan Umum) di Shangri-La enggak saya tempati, saya di (Hotel) Aryaduta. Jadi saya wira wiri (bolak-balik), terus kebetulan ada demo jadi agak terganggu. Saya enggak tidur siang sampai malam dan sudah ngantuk banget," imbuhnya.

Politikus NasDem itu kemudian bercerita bahwa karena sudah tanggung tidak bisa tidur pada malam hari, ia memaksakan tidak tidur hingga pagi. Sebab, ia takut kesiangan dan telat menghadiri sidang jika tidur.

Akhirnya saat sidang paripurna pelantikan, ia sungguh mengantuk. Lora Fadil tidur saat bagian doa penutupan. Padahal, saat itu ia sudah menahan diri untuk tidak tertidur.

"Kebetulan pas acara paripurna pengambilan sumpah, pas acara doa saya sudah tidak tahan itu supaya enggak tidur. Eh saya tertidur sebentar. Jadi memang kondisinya enggak memadai," tutur Lora Fadil.

Sebenarnya, kata Lora Fadil, ketiga istrinya sudah mengingatkan agar ia tidur sejenak sebelum pelantikan. Saat subuh, ketiga istrinya bahkan menemaninya menunggu pagi dengan meminum kopi bersama.

"Istri saya itu ketika saya enggak tidur, enggak ada yang berani tidur. Kecuali ngantuk ya biarin. Melihat saya tidak tidur, jadi (istri) juga enggak tidur, menemani karena kasian saya tidak tidur," tuturnya.

Diketahui, sebelumnya Lora Fadil menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia pun mengaku, selama masa jabatannya 5 tahun sebagai anggota DPR RI dari fraksi PKB periode 2009-2014, dirinya tidak pernah tertidur dalam rapat komisi.

"Jadi ini betul-betul faktor kecapekan yang sehari semalam tidak tidur saja," kilahnya.