Pos Pantau yang didirikan Polresta Banyuwangi di depan pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Pos Pantau yang didirikan Polresta Banyuwangi di depan pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Long Weekend, Polisi Lakukan Pengaman dan Awasi Penerapan 3M

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 29 October 2020 16:28 WIB

Polresta Banyuwangi menerjunkan sekitar 350 personil untuk pengamanan liburan panjang peringatan Maulid Nabi dan cuti bersama. Aparat kepolisian ditempatkan di sejumlah titik yang menjadi pusat keramaian untuk memastikan liburan berjalan aman dan lancar. Polisi juga turut mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di tempat-tempat keramaian.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menyatakan, dalam libur long weekend ini ada beberapa sasaran yang menjadi fokus pengamanan. Pertama adalah tempat-tempat wisata dan kedua tempat pelayanan kepada masyarakat.

"Seperti terminal, stasiun, bandara dan pelabhhan penyeberangan," ujar pria yang akrab dipanggil Arman, Kamis, 29 Oktober 2020.

Dia menyebut, ada sekitar 350 personil yang dilibatkan dalam pengamanan libur long weeken ini. Mereka akan menempati pos-pos pemantauan yang telah didirikan di tempat-tempat strategis dan menjadi pusat kegiatan atau keramaian masyarakat.

"Kegiatannya di Pos untuk melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas untuk mengantisipasi potensi kemacetan khususnya dari Ketapang-Gilimanuk begitu juga dari Gilimanuk-Ketapang," tegasnya.

Petugas yang ditempatkan di pos pemantauan itu, lanjut Arman, selain melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas juga ikut memantau pelaksanaan protokol kesehatan yakni penerapan 3M yang meliputi mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

"Kita juga melalukan kegiatan Operasi Yustisi, mengecek masyarakat agar tidak berkumpul, tidak berkerumun. Itu yang kita laksanakan," tegasnya.

Pengamanan libur panjang ini, menurut Arman akan dilakukan hingga 2 November mendatang. Karena puncak arus balik baik itu yang sari Jawa ke Bali ataupun sebaliknya yang dari Bali ke Jawa diperkirakan akan terjadi pada 31 Oktober 2020 hingga 2 November 2020.

"Yang pasti di dalam libur panjang ini, yang pertama kita antisipasi adalah wajib dan taat protokol kesehatan pada masyarakat yang berpergian melerati Ketapang dan Gilimanuk," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 02:14 WIB

Rencana Perpanjang PPKM Jawa-Bali Dua Minggu

Nasional

PPKM Jawa-Bali recananya akan diperpanjang.

21 Jan 2021 01:58 WIB

Lil Wayne dan Sekutu Donald Trump Mendapat Ampunan Hukuman

Internasional

Rapper Lil Wayne termasuk pendukung Donald Trump.

21 Jan 2021 01:40 WIB

Donald Trump Kabur, Lagu Lawas Y.M.C.A Viral

Musik

Donald Trump kabur tak hadiri pelantikan Joe Biden.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...