Penampakan lokasi wisata Gua Poh Sarang yang sudah kembali dibuka. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Penampakan lokasi wisata Gua Poh Sarang yang sudah kembali dibuka. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Lokasi Wisata Religi Gua Maria Poh Sarang Kembali Dibuka

Ngopibareng.id Jawa Timur 04 October 2020 16:56 WIB

Setelah sekian bulan ditutup, lokasi wisata religi Goa Maria Poh Sarang, Kecamtan Semen, Kabupaten Kediri kembali dibuka untuk umum. Gua Maria Poh Sarang mulai dibuka sejak 1 Oktober 2020 lalu, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Meski statusnya sudah dibuka untuk umum, gua ini menerapkan aturan pengunjung yang boleh masuk hanya yang berusia antara usia 11-60 tahun.

"Sudah mulai dibuka sejak tanggal 1 Oktober 2020 kemarin, setelah mendapat izin dari Keuskupan Surabaya," terang Sugeng salah satu jemaat gereja setempat, Minggu 04 Oktober 2020.

Jumlah jemaat yang diizinkan masuk dibatasi hanya 100 orang per hari. Pengunjung yang dari luar daerah diwajibkan untuk membawa rekomendasi surat sehat.

Meski sudah dibuka namun ada beberapa titik lokasi yang berada di dalam masih ditutup, tidak boleh untuk dikunjungi. Di antaranya Jalan Salib, Pondok Rosario, Bukit Tabor dan Pendopo Emaus. Bagi pengunjung yang hendak berziarah ke makam para uskup, dibatasi diberi  waktu 90 menit berada di dalam.

Karena masih dalam kondisi pandemi, para pengunjung diwajibkan untuk memakai masker dan membawa hand sanitizers. Pihak pengelola juga telah menyediakan sejumlah tempat untuk cuci tangan. Semenjak dibuka tiga hari lalu, jumlah pengunjung yang datang belum begitu banyak. Pengunjung yang datang itu, kebanyakan berasal dari sekitar Kediri.

"Ya mungkin masih belum tahu, kalau disini sudah kembali  dibuka," ujar Sugeng  yang juga pemilik warung makanan dan minuman  lokasinya di depan wisata religi.

Wisata religi Gua Poh Sarang di Kabupaten Kediri yang masih tampak sepi Foto Fendhy PlesmanaNgopibarengid Wisata religi Gua Poh Sarang di Kabupaten Kediri yang masih tampak sepi. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Lokasi Wisata Religi Goa Maria Poh Sarang terletak di lereng kaki Gunung Wilis. Berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara yang sejuk. Goa ini terletak sekitar 10 kilometer arah barat daya Kota Kediri.

Goa Maria lokasinya berada di dalam. Selain itu disini juga terdapat tempat peribadatan gereja yang didesain perpaduan keraton Jawa dan Eropa. Di samping, itu di dalam juga terdapat patung atau miniatur jalan Salib.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah yang ingin membeli buah tangan tak perlu cemas, karena di dalam juga terdapat pasar tradisional yang banyak menjual cendera mata maupun oleh-oleh makanan dan minuman.

Biasanya tempat wisata ini ramai dikunjungi peseda di hari Minggu karena lokasi yang menantang Foto Fendhy PlesmanaNgopibarengidBiasanya tempat wisata ini ramai dikunjungi peseda di hari Minggu karena lokasi yang menantang. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Jika pada hari libur, halaman  lokasi wisata religi goa Maria Poh Sarang selalu menjadi jujugan para peseda. Rute jalan yang menanjak menguji andrenalin mereka, untuk sampai ke atas. Rasa lelah itu terbayar seketika saat sampai ditujuan.

Hawanya yang sejuk serta pemandangannya yang bagus banyak dimanfaatkan oleh para pesepada untuk berfoto. Jadi tak heran jika lokasi ini menjadi tempat favorit bagi para pesepeda.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 03:47 WIB

Habib Luthfi bin Yahya, Pemimpin Para Habaib Zaman Sekarang

Khazanah

Kisah lewat mimpi bersama Rasulullah Muhammad SAW

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...