Liverpool Tantang Barcelona di Semifinal

18 Apr 2019 04:45 Liga Champions

Akhirnya, Liverpool berhasil melaju ke babak semifinal Liga Champions Eropa 2018/2019 usai membungkam tuan rumah FC Porto 4-1. Hasil ini membuat The Reds lolos dengan agregat 6-1.

Bermain di Estadio Do Dragao, skuat dari Juergun Klopp tertekan di awal laga. Porto yang butuh kemenangan tiga gol untuk mengejar defisit 0-2 bermain ofensif.

Anak asuh Sergio Conceicao mendapat kans di menit ke-4 saat tendangan Moussa Marega berhasil di blok oleh Kiper Liverpool Allison Becker. Becker kembali menunjukkan kelasnya di menit ke-7 saat berhasil menepis sepakan jarak dekat Marega.

Marega kembali menyia-nyiakan peluang di menit ke-15. Berdiri di posisi bebas tandukan pemain bernomor punggung 11 ini hanya melambung tipis di atas gawang Liverpool.

Terus menyerang, Porto justru harus kebebolan dahulu. Serangan balik cepat Liverpool melalui Mohamed Salah gagal di antisipasi pertahanan Porto. Sadio Mane yang berdiri bebas di tiang dekat berhasil mencocor bola umpan salah. 1-0 Liverpool unggul.

Porto mencoba bangkit namun usaha dari Jesus Corona masih belum membuahkan hasil. Hingga babak pertama usai skor 0-1 tidak berubah.

Pada babak kedua Porto masih tetap memegang kendali permainan. Beberapa kali usaha para pemain The Dragoes kerap mentah di tangan Allison Becker yang bermain gemilang di pertandingan ini.

Liverpool menggandakan keunggulannya di menit ke-65. Melalui serangan balik cepat Mohamed Salah berhasil mengecoh kiper Porto Iker Casillas. 2-0 Liverpool menjauh.
 
Porto yang terus menyerang akhirnya mendapatkan gol di menit ke-69. Sepakan penjuru Alex Telles berhasil ditanduk oleh Eder Militao. Bola meluncur deras ke gawang Liverpool. 1-2 Porto masih tertinggal.
 
Alih-alih menyamakan kedudukan Porto justru harus kembali kebobolan. Kali ini Roberto Firmino mencatatkan namanya di papan skor usai menanduk umpan diagonal dari Jordan Henderson. 3-1 Liverpool kembali menjauh.
 
Di menit ke-84 Liverpool menutup pesta gol melalui tandukan Virgil Van Dijk. Tendangan sudut Mane berhasil di teruskan pemain berpaspor Belanda tersebut menjadi gol.
 
Tidak ada gol tambahan hingga wasit Danny Makkelie asal Belanda meniup peluit akhirnya. 
 
Skor 4-1 menjadikan Liverpool lolos dengan aggregat 6-1 usai di leg pertama menang 2-0. Di babak semifinal The Reds akan berjumpa dengan Barcelona. (faq)
 
Pada babak kedua Porto masih tetap memegang kendali permainan. Beberapa kali usaha para pemain The Dragoes kerap mentah di tangan Allison Becker yang bermain gemilang di pertandingan ini.
Reporter/Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini