Premier League 2019-2020Liverpool Berhasil Pertahankan Rekor Positif di Premier League

17 Aug 2019 23:17 Liga Inggris

Liverpool kembali berhasil mencatatkan rekor positif di Premier League 2019-2020. James Milner dkk menaklukkan Southampton 2-1 pada pekan kedua edisi 2019-2020 di St Mary's Stadium, Sabtu 17 Agustus 2019.

Dua gol Liverpool dicetak oleh kedua penyerangnya, Sadio Mane (45’) dan Roberto Firmino (71’). Sementara gol tunggal Southampton dihasil oleh Danny Ings di menit ke-83.

Liverpool sempat kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. Bahkan meski dominan dalam penguasaan bola, mereka minim peluang di sepanjang babak pertama.  

Ini dampak dari laga Piala Super Eropa, dimana mereka harus bermain selama 120 menit saat  mengalahkan Chelsea lewat drama adu penalti Rabu, 14 Agustus 2019.

Kiper Adrian San Miguel del Castillo juga dipaksa main. Pemain asal Spanyol itu sebelumnya diragukan tampil karena cedera engkel akibat selebrasi kemenangan atas Chelsea.

Southampton memanfaatkan kondisi The Reds yang mengalami keletihan dengan memberikan tekanan secara spartan. Mereka juga membuat sejumlah peluang.

Kans terbaik pertama mereka miliki ketika Maya Yoshida menanduk bola di depan gawang Liverpool. Namun kesigapan Adrian membuat peluang itu mampu digagalkan.

Lebih banyak tertekan tak membuat Liverpool kehilangan ketajaman. Menjelang turun minum, Liverpool justru mampu mencuri gol melalui sepakan keras Mane ke tiang jauh tak mampu dijangkau kiper Angus Gunn.

Keluar dari kamar ganti, penampilan Liverpool berubah. Tim besutan Jurgen Klopp bermain lepas dan terus melancarkan serangan bergelombang. Usaha itu nyaris membuahkan hasil, sayang sepakan Salah masih mampu diblok kiper Southampton. 

Southampton tak tinggal diam. Manajer Ralph Hasenhuttl memasukkan Ings untuk meningkatkan daya dobrak timnya. Benar saja, baru masuk, eks pemain Liverpool itu memberikan ancaman lewat tendangan jarak jauh yang masih mampu diamankan Adrian. 

Namun, kembali Liverpool memperlihatkan kualitas mereka. Mane merebut bola dari bek Southampton. Umpannya ke Firmino mampu dikonversi menjadi gol kedua The Reds.

Sayang, Adrian membuat blunder konyol saat menerima back pass dari Robertson. Alih-alih membuang bola ke tempat yang aman, Adrian justru mengarahkan bola ke kaki Ings yang berusaha mengganggu. Bola pun memantul kembali dan mengarah ke gawangnya sendiri. Skor berubah menjadi 1-2 masih untuk keunggulan Liverpool.

Southampton nyaris menyamakan kedudukan menjelang laga bubar. Sayang, Ings yang menyelinap di antara pemain Liverpool gagal memanfaatkan peluang itu setelah sepakannya meleset.

Dengan kemenangan ini, The Reds telah mengemas dua kemenangan dari dua laga Premier League 2019-2020. Kemenangan pertama mereka dapatkan ketika memukul Norwich City 4-1. Tim lain yang juga meraih dua kemenangan adalah Arsenal. 

Di sisi lain, Southampton belum mencicipi kemenangan musim ini setelah The Saints keok 0-3 di tangan Burnley pekan lalu.

Susunan Pemain

Southampton: Gunn, Bednarek, Yoshida, Vestergaard, Valery, Ward-Prowse, Romeu (Ings 64), Hojbjerg, Bertrand (Djenepo 77), Adams (Armstrong 68), Redmond

Liverpool: Adrian, Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Robertson, Oxlade-Chamberlain (Henderson 89), Wijnaldum, Milner (Fabinho 76), Salah (Origi 79), Firmino, Mane

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini