Lionel Messi Dikabarkan Minta Valverde Diganti Gallardo

08 Nov 2019 11:15 Liga Spanyol

Seiring performa Barcelona yang masih angin-anginan, rumor miring terkait masa depan Ernesto Valverde bermunculan. Terbaru, beredar kabar jika bintang nomor wahid klub ini, Lionel Messi, menginginkan klub memecat sang pelatih dan menggantinya dengan Marcelo Gallardo.

Isu seputar upaya menyingkirkan mantan juru taktik Atletic Bilbao ini muncul karena Valverde dianggap tak mampu menjadikan Barcelona stabil, menyusul kekalahan 1-3 dari Levante di La Liga dan seri 0-0 dari Slavia Praha di matchday 4 Liga Champions kemarin.  

Gagal merajai Liga Champions dan kekalahan di final Copa del Rey dari Valencia musim lalu dinilai sebagai bukti bahwa taktik dan strategi permainan yang diusung sang pelatih tidak cocok dengan Blaugrana. Kabarnya, bukan hanya Messi yang mengeluhkan kinerja sang pelatih, tapi juga sejumlah pemain senior lainnya.   

Permintaan mengganti pelatih kali ini sebetulnya bukanlah yang pertama. Pada musim 2018-2019 lalu, rumor seputar dorongan pemain agar memecat pelatih sudah bermunculan. Namun, isu miring itu tertepiskan dengan sendirinya, karena manajemen tetap mempertahankan Valverde di kursinya.

Namun isu kembali menyembul. Lionel Messi disebut-sebut meminta klub mengevaluasi Valverde dan memberikan batas waktu hingga Desember. Jika tidak mampu menjaga performa Barcelona menjadi lebih baik, Messi ingin Barcelona segera memecat Valverde.

Lionel Messi dikabarkan ingin manajemen memecat Ernesto Valverde Foto TwitterFCBarcelona
Lionel Messi dikabarkan ingin manajemen memecat Ernesto Valverde. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Dikutip dari Fox Sport Asia, yang melansir TNT Sports, Lionel Messi sudah berbicara dengan klub terkait masa depan Valverde. Mereka tidak akan memberi kesempatan lebih lama untuk pelatih berusia 55 tahun tersebut.

Bahkan, laporan yang sama menyebut jika Lionel Messi telah menyiapkan siapa sosok yang pantas menjadi pengganti Valverde. Messi meminta Barcelona menunjuk Marcelo Gallardo untuk menjadi pelatih baru klub raksasa Catalan ini.

Gallardo sendiri merupakan salah satu pelatih muda dengan karier cemerlang. Gallardo melatih di River Plate sejak 2014 lalu. Sejauh itu pula, ia telah membawa River Plate meraih banyak titel bergengsi untuk klub tersebut.

Di bawah kendali Gallardo, River Plate menjadi juara di ajang Supercopa Argentina, Copa Argentina [2 kali], Copa Libertadores [2 kali], Recopa Sundamericana [3 kali], dan Copa Sundamericana. Apalagi, Barca menuai sukses besar ketika dipegang pelatih-pelatih muda sebelumnya seperti Frank Rijkard, Pep Guardiola, Luis Enrique, dan mendiang Tito Vilanova.

"Gallardo akan menjadi pelatih Barcelona pada bulan Desember. Dia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia," ucap Claudio Borghi dikutip dari Marca. Borghi adalah seorang mantan pemain Timnas Argentina yang memiliki kedekatan dengan Gallardo.