Lionel Messi Berencana Mengakhiri Kariernya di Argentina?

06 Sep 2019 15:03 Liga Spanyol

Lionel Messi dikabarkan ingin mengakhiri kariernya di Argentina. Hal itu terungkap dari salah satu klausul kontrak yang ia tanda tangani pada 2017 lalu, dimana salah satu klausulnya memungkinkan Messi meninggalkan Barcelona di setiap akhir musim.

Hanya saja, meski bisa pindah klub, bunyi klausul tambahan itu melarang Messi hijrah ke klub lain di Eropa. Dari situlah tak sedikit yang meyakini Messi memiliki niat untuk kembali ke Argentina. Dengan usia yang tak lagi muda (32 tahun), ada kemungkinan Messi ingin bermain untuk salah satu klub Argentina sebelum gantung sepatu.

Total, Messi telah melakukan penandatanganan kontrak sebanyak delapan kali selama di Barcelona. Kontrak terbaru ia tanda tangani pada 2017 lalu. Jika dihitung sampai sekarang, Messi sudah dua tahun lebih belum memperbarui kontraknya di Barcelona.

Kontrak Messi sendiri tersisa dua tahun lagi karena kontrak terbarunya akan berakhir pada 2021. Barcelona sendiri dikabarkan menyiapkan kontrak seumur hidup untuk pemain Blaugrana paling gemilang sepanjang sejarah klub raksasa asal Catalan ini.

Namun hingga kini belum ada tanda-tanda Messi akan meninggalkan Barcelona. Bintang asal Argentina ini memang dikenal memiliki loyalitas tinggi kepada klub yang menyelamatkan kariernya di masa kecil tersebut. Maklum, Barcelona berjasa besar atas karier pemain berjuluk La Pulga ini.

Barca memang harus mengeluarkan banyak biaya untuk suntik hormon yang membuat Messi bisa lebih tinggi dibanding jika tumbuh dengan natural. Maklum, Messi kecil memiliki pertumbuhan yang tidak normal. Namun bakat bermain sepak bolanya memang luar biasa.

Maka itu pula, Messi tampaknya tak bisa melupakan jasa tersebut sehingga meski Messi memiliki kesempatan untuk pindah ke klub lain dengan bayaran yang lebih melimpah, Messi tetap loyal pada Barca.

 

Maka itu pula, hanya Messi yang memiliki klausul seperti itu di dalam kontraknya. Sebab Barcelona percaya Messi tidak akan meninggalkan Barcelona dan pindah ke klub lain, terutama klub-klub di Eropa. Benarkah Messi akan kembali ke klub masa kecilnya (Newell’e Old Boys) di akhir kariernya? Kita lihat saja.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini