Kondisi Bandara Halim Perdanakusuma saat banjir. (foto: istimewa)

Lion Air Group Alihkan 45 Penerbangan Dari dan Menuju Jakarta

Nasional 01 January 2020 21:35 WIB

Banjir Jakarta yang melanda landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma membuat otoritas bandar menutup seluruh pelayanan penerbangan.

Untuk menyelamatkan penerbangan yang telah terjual, Manajemen Lion Air Group melakukan pengalihan rute penerbangan baik dari dan menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten.

Dari rilis yang dikeluarkan Lion Air Grup, 1 Januari 2020, setidaknya ada sekitar 45 penerbangan maskapai Batik Air yang mengalami pengalihan rute, 21 pembatalan penerbangan, dan 8 pembatalan penerbangan pesawat Wings Air.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pengalihan rute dan pembatalan penerbangan tersebut dilakukan untuk memenuhi prosedur keamanan.

Sebab, berdasarkan surat pemberitahuan dari otoritas Bandara Halim Perdanakusuma bahwa ada dampak dari cuaca buruk yang tidak memenui kualifikasi keselamatan penerbangan.

“Batik Air dan Wings Air berkoordinasi bersama regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait dalam upaya mengatur operasional sejalan memberikan layanan terbaik kepada para tamu atau penumpang,” ujar Danang.

Untuk itu, Danang mengungkapkan permohonan maaf karena ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang karena kondisi force majeure tersebut memaksa manajemen mengambil langkah untuk mengalihkan rute dan membatalkan penerbangan.

“Lion Air Group juga memfasilitasi kepada tamu atau penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan keberangkatan (reroute), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” katanya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 13:14 WIB

PLN: 1.096 Gardu Terdampak Banjir Sudah Menyala

Nasional

Sebagian besar sudah nyala

26 Feb 2020 13:09 WIB

Keluarga Anak Kiai Cabul, Janji Akan Penuhi Panggilan Penyidik

Kriminalitas

Dipastikan akan datang setelah tim negosiasi telah bertemu keluarga

26 Feb 2020 12:51 WIB

Gabung Arema FC, Feby Eka Putra Optimistis Dapat Menit Bermain

Liga Indonesia

Ungkap kepindahan ke Arema juga faktor keluarga

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.