Benahi Lini Belakang Keropos, Aji Terkendala Stok Pemain

13 Nov 2019 14:30 Liga Indonesia

Di sepanjang musim ini pertahanan Persebaya terus mendapat sorotan. Sebab, dari 26 laga di Liga 1 2019 yang sudah mereka lakoni, gawang Persebaya Surabaya sudah kebobolan 35 gol dan hanya bisa mencetak 37 gol.

Maka itu, wajar jika kemudian banyak pihak mempertanyakan kemampuan pemain bertahan Persebaya. Maklum, catatan kebobolan Persebaya musim ini mengalami peningkatan. 

Kelemahan ini pun menjadi pekerjaan rumah besar bagi pelatih kepala Bajul Ijo saat ini, Aji Santoso. Karena jika persoalan ini tak segera teratasi, Persebaya dalam bahaya besar.

Hanya saja, meski belum terbukti, pelatih asal Kepanjen Malang itu mengaku sudah memiliki formulanya. Tentu saja dengan catatan, semua pemain belakang tersedia, atau minimal hanya satu yang absen. 

Sementara, kondisi terbaru menunjukkan bahwa Persebaya dalam situasi tidak ideal menyusul absennya dua pilarnya di sektor belakang, Otavio Dutra dan Hansamu Yama Pranata.

Akibatnya, sebelum Persebaya menjamu PSM Makassar di Stadion Batakan Balikpapan, Kamis 14 November 2019 besok, Aji Santoso harus putar otak, karena kini hanya tersisa Andri Muladi dan M. Syaifuddin.

Seperti diketahui, Otavio Dutra bergabung dengan Timnas Indonesia senior untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sementera Hansamu Yama absen lantaran akumulasi kartu.

"Mau tidak mau kami harus siap dengan pertandingan besok, meski hanya tinggal dua pemain belakang di bek tengah, M Syaifudin dan Andri Muladi. Kami akan maksimalkan itu," kata Aji.

Agar tak kedodoran ketika menghadapi PSM Makassar yang doyan menyerang, Aji Santoso sudah menyiapkan solusi. Terutama antisipasi free kick atau bola mati.

"Kemarin (lawan Tira Persikabo) dua gol yang terjadi dari bola set piece. Itu yang sudah kami perbaiki, mudah-mudahan untuk pertandingan berikutnya kami sudah bisa mengantisipasi,” ujar pelatih 49 tahun ini.

Kondisi tersebut tidak termasuk belum fitnya dua pemain yang sebelumnya tidak dimainkan, kiper Miswar Saputra dan striker David da Silva. Kondisi keduanya akan terus dipantau hingga menjelang pertandingan.

Seperti diketahui, daftar pemain yang dibawa ke Balikpapan, kedua nama tersebut tercantum. Tapi sayang, Aji belum bisa menyampaikan apakah pemain tersbeut bisa tampil atau tidak.

Aji Santoso juga mengatakan, timnya akan berusaha keras meraih poin sempurna, meskipun pada laga Persebaya melawan PSM Makassar masih belum bisa mendapat dukungan langsung Bonek, karena sanksi dari Komdis PSSI.

"Tetap kami akan bekerja keras untuk mendapatkan poin, meski tanpa penonton, tapi kalau kami bisa beri poin, maka Bonek pun akan ikut senang," ucap Aji.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini