Ilustrasi melindungi anak dari paparan virus corona atau Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi melindungi anak dari paparan virus corona atau Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Lindungi Anak dari Corona

Ngopibareng.id Nasional 26 November 2020 16:40 WIB

Anak-anak dan bayi dapat terjangkit Covid-19 yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2. Untuk melindungi anak-anak dan bayi, si kecil disarankan untuk tetap berada di rumah, kecuali untuk kepentingan mendesak seperti imunisasi.

Bayi atau anak-anak di bawah usia satu tahun berisiko terkena Covid-19 karena daya tahan tubuhnya belum matang. Selain itu, sistem saluran pernapasan bayi juga belum sempurna seperti orang dewasa, sehingga lebih rentan saat terkena infeksi.

Sementara itu, kebanyakan anak-anak tertular virus corona dari orang yang tinggal serumah atau anggota keluarganya. Anak-anak juga bisa tertular virus corona saat bermain atau beraktivitas di luar rumah.

Untuk mencegah penularan virus corona pada anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyerukan agar anak-anak tetap di rumah. Demi melindungi anak, orang yang baru kembali dari beraktivitas di luar rumah wajib melepas dan membersihkan semua pakaian, alas kaki, telepon genggam, tas, jaket, kantong belanja, dan lain-lain setibanya di rumah. Setelah beraktivitas di luar rumah wajib mandi dan keramas sebelum kontak dengan anak-anak dan bayi.

Para orangtua sebaiknya tidak membawa anak-anak ke tempat umum, seperti taman, pusat rekreasi, pusat perbelanjaan, pasar, tempat penitipan anak, tempat kursus, atau kerumunan. Jika anak perlu diajak saat ke luar rumah karena alasan sangat mendesak, maka perhatikan beberapa protokol kesehatan yang perlu dijalankan. #ingatpesanibu 3M yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun lalu dibilas air bersih yang mengalir selama 20 detik, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi panduan orangtua melindungi anak dari paparan virus corona atau Covid19 Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi panduan orangtua melindungi anak dari paparan virus corona atau Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 12:44 WIB

Gadaikan Mobil Sewaan Pasutri Diciduk Polisi

Kriminalitas

Pasutri nekat gadaikan mobil sewaan.

28 Feb 2021 12:15 WIB

5 Fakta Kasus Dugaan Korupsi Proyek Wisata Jerat Nurdin Abdullah

Nasional

Gubernur Nurdin Abdullah terjerat OTT KPK.

28 Feb 2021 11:54 WIB

SK BPH Migas Membuat Pelayaran Rakyat Makin Terpuruk

Ekonomi dan Bisnis

BPH Migas No 59/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 membuat usaha kapal rakyat makin terpuruk

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...