Ilustrasi. (Foto: Google)

5 Rekomendasi Film di Netflix saat Wabah Corona

Film 31 March 2020 19:58 WIB

Sesuai imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, baik sekolah, ibadah hingga bekerja tanpa ke luar rumah, mungkin bagi sebagian orang akan membosankan. Mereka tak bisa bertemu teman apalagi nongkrong di mal atau cafe.

Meski begitu tak usah gusar. Menghabiskan waktu kumpul keluarga di rumah bisa diselingi dengan menonton film di Netflix. Ada banyak judul film yang bisa dinikmati bersama keluarga,

Ngopibareng.id memberikan lima rekomendasi film di Netflix, yang bisa menjadi media pengisi waktu luangmu. Berikut lima film tersebut:

1. Itaewon Class

Itaewon Class adalab drama Korea (drakor) terbaru yang sedang hype. Setelah Crash Landing on You, Itaewon Class bisa menjadi salah satu film untuk mengisi waktu luang. Drakor ini bercerita tentang kehidupan seseorang bernama Park Sae-roy (dibintangi oleh aktor Park Seo Joon). seorang pemuda gigih yang tak berkompromi dengan ketidakadilan dan korupsi di lingkungannya.

Pada hari pertama ia masuk sekolah menengah, Park Sae-Roy langsung memukul teman sekelasnya bernama Jang Geun-won, yang memang terkenal suka membully orang lain. Padahal, Jang Geun-Won merupakan putra dari pengusaha besar di kota ia tinggal.

Keberanian Park Sae-Roy menghadapi Jang Geun-Won ternyata mendapat ganjalan. Ayah Park Sae-Roy diketahui bekerja di perusahaan ayah Jang Geun-Won. Karena pemukulan itu, Park mau tak mau mendapat hukuman dikeluarkan dari sekolah, sedangkan ayahnya dikeluarkan dari pekerjaannya.

Tak lama setelah itu, ayah Park meninggal dunia karena kecelakaan sepeda motor yang ternyata disebabkan oleh Jang Geun-Won. Karena tak terima, Park langsung menghajar Jang Geun-Won. Ia ditangkap polisi karena melakukan kekerasan dan harus dipenjara.

Selepas keluar dari penjara Park akhirnya berusaha untuk terus mendapatkan impiannya untuk sukses. ia membuka sebuah restoran di Itaewon, Seoul.

Park Sae-roy kemudian berteman dengan para pemuda lainnya yang sama-sama keras kepala dan tak kenal takut. Mereka kemudian bersama-sama mengejar mimpi mereka, di antara jalan-jalan Itaewon yang sempit.

2. Pandemic

Jalan cerita film ini persis dengan wabah corona yang tengah melanda dunia. Film ini bercerita tentang adanya pandemi virus influenza. Ribuan orang jadi korbannya. Pelbagai upaya dilakukan untuk menanggulangi virus tersebut.

Mulai dari social distancing, suntik vaksin, hingga membuat ruang isolasi agar tak tertular wabah itu. Film ini dibuat sebanyak enam episode.

3. Surat dari Praha

Surat dari Praha bisa menjadi salah satu referensi tontonan di rumah meski bukan film baru. Film yang dibintangi Tyo Pakusadewo ini menceritakan sejarah bagaimana seorang mahasiswa ikatan dinas Indonesia, yang mendapatkan beasiswa di Cekoslovakia, tak bisa pulang ke Tanah Air karena G30SPKI tahun 1965.

Janji dan mimpinya kepada sang kekasih yang diperankan Widyawati, harus terkubur dalam-dalam karena ia menjadi tahanan politik dan dicabut kewarganegaraannya. Alasannya, ia tak mau mengakui pemerintahan baru di bawah naungan Soeharto, yang bernama Orde Baru.

Film berdasarkan sejarah dan kisah nyata ini akan menguras air mata. Bayangkan saja, ribuan generasi intelektual Indonesia yang sedang bersekolah di negara Eropa Timur seperti Ceko, Yugoslavia, hingga Rusia, tak bisa kembali ke pangkuan ibu pertiwi, hanya karena ia tak mau mengakui orde baru. Kebanyakan dari mereka, adalah Soekarnois.

Karena itu, mereka di cap komunis dan penghianat negara. Kemudian paspor dan kewarganegaraan mereka dicabut. Ribuan surat yang mereka kirimkan ke Indonesia, tak mungkin bisa dibalas oleh sanak saudara. Kalau tidak, keluarga mereka juga akan dicap komunis.

Selama 35 tahun, mereka semua stateless atau tanpa kewarganegaraan. Mereka bernaung dibawah panji palang merah negara tempat mereka tinggal. Akhirnya pada tahun 90-an, banyak dari mereka sudah berpindah kewarganegaraan.

Ketika Orde Baru jatuh, barulah mereka bisa pulang ke Indonesia untuk bertemu dengan sanak saudara yang masih ada.

4. Narcos Mexico

Film bergenre action ini bercerita tentang pecahnya perang narkoba di Mexico tahun 1980-an. Perang tersebut akhirnya membuat lahirnya seseorang pimpinan gembong narkoba yang dijuluki Narcos baru dari Mexico.

Kartel gembong narkoba Mexico tersebut, twrnyata masih satu garis komando dengan kartel narkoba Amerika Latin yang dikenal dengan Cartel Guadalajara.

Film ini terbagi menjadi dua sesi film. Setiap sesinya ada 10 episode yang siap menemani yang sedang bekerja di rumah atau work from home, hingga wabah corona selesai.

5. The English Game

Bagi pecinta sepakbola, film The English Game adalah salah satu film yang tak boleh dilewatkan. Bercerita tentang dua pemain sepak bola di abad ke-19 yang menentang perbedaan kelas di Inggris. Mereka sepakat untuk sama-sama melawan ketidak adilan yang terjadi di industri sepakbola Inggris.

Mereka ingin tak ada lagi klub sepakbola, dibedakan karena perbedaan kelas sosial. Keberanian mereka itulah, yang mengubah industri sepakbola Inggris untuk selamanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 12:55 WIB

Wawali Surabaya ODP, DPRD : Bukti Pemkot Kewalahan

Surabaya

Ia meminta Pemkot transparan, agar semua tahu yang dikerjakan

05 Jun 2020 12:20 WIB

Gagal Bayar Listrik atau Tagihan PLN Melonjak? Ini Penjelasan PLN

Nasional

PLN akan melakukan proses verifikasi listrik pascabayar.

05 Jun 2020 12:15 WIB

Peneliti Unair Terima SK Penetapan Riset Covid-19

Teknologi dan Inovasi

Peneliti Unair terima SK penetapan riset covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...