Presiden Jokowi berjalan saat menghadiri sidang tahunan MPR (16/8). Foto : Antara

Lima Pepatah Klasik Tutup Pidato Tahunan Jokowi di Sidang MPR

Politik 16 August 2018 11:27 WIB

Ada yang unik pada pidato tahunan Presiden Joko Widodo pada sidang tahunan MPR 2018 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018 ini. Di akhir pidato, Jokowi menutupnya dengan beberapa pepatah dari berbagai daerah di Indonesia.

Setidaknya, Jokowi menggunakan pepatah dari lima daerah di Indonesia. Mulai dari pepatah Minang Sumatera Barat, Pasundan Jawa Barat, Bumi Angin Mamiri Sulawesi Selatan, Bumi Gora NTB, hingga Banua Banjar Kalimantan.

Berikut pepatah yang dibaca Jokowi :
Dari Ranah Minang, kita bersama-sama belajar: ‘Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang’. Berat sama-sama kita pikul, ringan sama-sama kita jinjing.

Dari Tartar Pasundan, kita bersama-sama belajar: ‘Sacangreud pageuh, sagolek pangkek’. Kita harus bekerja bersama dengan komitmen dan konsistensi.

Dari Bumi Angin Mamiri, kita bersama-sama belajar: ‘Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata’. Kita harus kerja keras bersama, ikhlas, dan berdoa agar tujuan kita tercapai. 

Dari Bumi Gora, kita bersama-sama belajar: ‘Bareng bejukung, bareng bebose’. Kita kerja bersama, kita nikmati bersamasama jerih payah kita.

Dari Banua Banjar kita bersama-sama belajar: ‘Waja sampai kaputing’. Kita kerja bersama dengan penuh semangat, tidak patah di tengah jalan, tidak pernah menyerah.

Pepatah yang disampaikan Jokowi inipun mendapatkan aplaus luar biasa dari para anggota parlemen di senayan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi yakin, dengan semangat dan kebersamaan antar lemabga negara akan membuat Indonesia mampu menghadapi tantangan dan rintangan ke depan yang tidak ringan. (man)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 23:20 WIB

Menantu Jokowi, Bobby Nasution Nomor Urut 2 di Pilkada Medan

Pilkada

Pasangan Akhyar-Salman dapat nomor urut 1, sedangkan Bobby Nasution 2.

24 Sep 2020 17:51 WIB

Besok Presiden Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai

Nasional

Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilomoter, besok doresmikan Presiden.

24 Sep 2020 15:16 WIB

MAJU Nomor Dua, Machfud Arifin: Simbol Kebersamaan

Pilkada

Jokowi pernah menang dengan nomor dua.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...