Kelompok Egianus Kagoya. (Foto: Istimewa)

Lima Anggota Egianus Kagoya Tembaki Polisi di Pasar Wamena

Timur Indonesia 23 August 2019 14:25 WIB

Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, ada lima orang kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang mencoba menyerang petugas di Wamena, Jayawijaya, Papua, Jumat 23 Agustus 2019.

Akibat insiden ini, seorang anggota KKB tewas dan empat lainnya masih diburu polisi. "Tim kita sedang melakukan pengejaran," kata Ahmad Mustofa.

Baku tembak sendiri terjadi di kerumunan banyak orang di Pasar Jibama, Wamena. Penembakan dilakukan saat personel polisi melakukan penyelidikan terkait letusan senpi anggota KKB pada Kamis, 22 Agustus 2019.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengimbau warga tenang pasca baku tembak di Pasar Jibama, sebab pelaku anggota kelompok sipil bersenjata yang menyerang polisi.

Banua mengatakan, pelaku juga menodong masyarakat di sekitar pasar sesaat sebelum ditembak mati.

"Masyarakat jangan terpancing isu yang nanti mengatakan bahwa masyarakat ditembak.Ini dia menggunakan senjata api maka dilumpuhkan," katanya.

Banua mengatakan jika pelaku tidak dilumpuhkan maka kemungkinan ada warga lain yang terkena tembakan dari anggota KKSB itu. "Sudah pasti pelaku dari pihak KKSB karena itu orang yang tidak dikenal selama ini," katanya.

Sesaat setelah baku tembak, aktivitas perekonomian di Pasar Jibama menjadi sunyi. Puluhan personel gabungan TNI/Polri bersenjata dikerahkan ke lokasi untuk mengantisipasi baku tembak terulang.

Polisi yang tiba di lokasi sudah meminggirkan mobil kijang berwarna hijau tempat persembunyian anggota kelompok sipil bersenjata yang diberondong tembakan.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 10:12 WIB

KONI Papua Gak Mau PON 2021 Ada Tuan Rumah Pendamping

Lain-lain

KONI Papua gak mau PON 2021 ada tuan rumah pendamping

23 Sep 2020 14:45 WIB

Ramai PJJ, Pelajar di Pedalaman Papua Tak Dapat Internet Gratis

Nasional

Akses internet masih menjadi persoalan besar di Papua.

18 Sep 2020 15:25 WIB

Kru Helikopter PT NUH Selamat, Sayang Belum Berhasil Dievakuasi

Timur Indonesia

Tim gabungan belum berhasil mengevakuasi kru karena faktor cuaca.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...