Wajah baru markas PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, setelah tak dipakai beralih fungsi jadi kebun sayur. (Foto: Instagaram @redgank_psm)

Liga 1 2020 Distop, Markas PSM Jadi Kebun Sayur

Liga Indonesia 22 May 2020 17:25 WIB

Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, sudah tak aktif dipakai lagi sejak dua bulan lalu, atau saat Liga 1 2020 distop karena pandemi corona atau Covid-19. Selain tak digunakan oleh PSM sebagai markas, stadion yang didirikan pada 1955 itu masuki tahap renovasi.

Karena tidak ada pertandingan, maka stadion pun beralih fungsi. Stadion di Jalan Mappanyuki No 17, Mario, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, Seulawesi Selatan ini dimanfaatkan warga sekitar untuk bercocok tanam. Warga menanam sayuran di dekat tribun penonton.

Hal itu diketahui setelah akun Instagaram, @redgank_psm, menunggah video yang menunjukkan kondisi terkini dari Stadion Mattoanging.

Tampak di dekat tribun penonton ada petak-petak tanah yang telah ditanami sayuran, seperti kangkung, bayam dan sayuran lainnya. Tampak seorang pria paruh baya yang sepertinya mengurus kebun sayuran tersebut.

Akun @redgank_psm memberi keterangan, “Menanam dulu ah, daripada gak ada kepastian kapan dibongkar dan diperbaiki ditambah lagi belum ada jadwal Liga dimulai kembali, MAJUKI OM BC #redgank_psm #redganknona #bercocoktanam #mattoangingutara #tr16unutara #ewakoewakikuewai/WAG.”

Unggahan itu pun dibanjiri komentar netizen, seperti akun @fian_abdullah yang memberikan emotikon tertawa. Sementara itu, akun @pojokpsm berkata, “Sekalian lapangan itu ditanami padi baru bikin kolam ikan di luar.”

Sebagai informasi, Stadion Mattoanging sempat menjadi rebutan (sengketa) kepemilikan antara Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) dan Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kini akhirnya perseturuan itu telah berakhir yang ditandai dengan penyerahan stadion dari YOSS ke Pemprov Sulsel.

Sebelum Liga 1 2020 ditangguhkan, ada rencana untuk memugar Stadion Mattoanging. Rencana itu muncul pada akhir tahun lalu. Pemprov Sulsel ingin memugar salah satu aset berharganya itu. Anggaran diusulkan sebesar Rp200 miliar di RAPBD 2020 untuk pemugaran kandang PSM itu.

Stadion Mattoanging rencananya akan berkapasitas 30 ribu penonton. Kandang PSM itu akan dibangun sesuai standar AFC dan FIFA.

Sedangkan tim berjulukan Juku Eja itu memilih stadion lain untuk dijadikan kandang, yaitu Stadion Pakansari, Cibinong.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 03:45 WIB

Empat Hal Terkait Shalat Jumat di Masa New Normal, Dua Gelombang

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur.

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...