Liburan Sambil Belajar Sejarah Polisi di Museum Polri Jakarta

06 Jun 2019 15:26 Nasional

Museum Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Museum Polri, bisa menjadi salah satu lokasi wisata untuk mengisi liburan. Museum Polri memperlihatkan perjalanan panjang kepolisian dalam tugasnya sebagai pelindung, serta ketertiban di dalam masyarakat. Serta sebagai kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Museum yang diresmikan pada 1 Juli 2009 ini memiliki perpaduan desain antara retro dan modern. Itu terlihat dari gedung bangunan yang didesain ala tahun 70-an, serta jendela yang memberi kesan klasik modern.

Beragam koleksi dipamerkan di sini, seperti patung polisi zaman Jepang dan Belanda, pedang rampasan Jepang, peluncur roket, berbagai senapan mesin yang pernah digunakan untuk menumpas berbagai pemberontakan, hingga berbagai foto yang menampilkan peranan kepolisian dalam perjalanan sejarah negara kita.

Beberapa ruangan yang ada di Museum Polri, 7 di antaranya adalah :

1. Ruang Koleksi dan Peristiwa

Pertama ada Ruang Koleksi dan Peristiwa yang memperlihatkan berbagai koleksi peralatan utama dan alat bantu polisi dari masa ke masa. Tiap peralatan yang ditampilkan juga memiliki kecanggihan tersendiri.

2. Ruang Sejarah

Selanjutnya ada Ruang Sejarah, yang tentunya berisi perkembangan sejarah kepolisian Indonesia. Mulai dari awal pembentukan kepolisian yang telah dicanangkan sejak masa penjajahan kolonial, hingga masa kemerdekaan Indonesia dijelaskan di ruangan ini.

3. Hall of Fame

Disusul dengan of Fame. Di ruangan ini kamu bisa melihat figur yang pernah menjabat sebagai pemimpin Kepolisian Indonesia, beserta prestasi yang diraih.

4. Ruang Kepahlawanan

Ruang Kepahlawanan menceritakan mengenai suka duka menjadi seorang polisi. Seperti cerita mengenai lokasi penempatan yang tak biasa dan kasus sulit, serta berat yang harus mereka tangani, diceritakan di ruangan ini.

5. Ruang Simbol dan Kesatuan

Kemudian Ruang Simbol dan Kesatuan yang menyajikan beragam pangkat, lambang kesatuan, seragam, serta atribut dari masa ke masa. Adapun setiap jenisnya memiliki arti atau makna tersendiri.

6. Ruang Penegakkan Hukum

Ruang Penegakkan Hukum menampilkan berbagai jenis bentuk kejahatan yang terjadi dalam masyarakat, mulai dari kejahatan internasional, kejahatan sosial, hingga terorisme. Diceritakan pula bagaimana kepolisian menanggapi setiap kejahatan yang mengganggu dan merugikan masyarakat.

7. Kids Corner

Terakhir ada Kids Corner yang diperuntukkan kepada anak-anak. Adapun proses pengenalan tentang tugas dan fungsi polisi disampaikan dengan cara yang menyenangkan.
Anak-anak akan mencoba menjadi petugas polisi sungguhan, penyidik, petugas , hingga petugas patroli. Juga berkesempatan untuk melakukan pencarian jejak, petunjuk, dan mencoba belajar menjadi seorang penyidik.

Nah, bila kamu penasaran, langsung saja datang ke Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Museum Polri buka dari hari Selasa hingga Minggu, pukul 09.00 hingga 16.00 WIB, dan tidak dipungut biaya alias gratis. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini