Ilustrasi. Libur panjang pemesanan tiket KA meingkat drastis. (Foto: Dok PT KAI)

Libur Panjang, Pemesanan Tiket KA Naik Dua Kali Lipat

25 Oct 2020 18:55

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat pemesan tiket pada liburan panjang cuti bersama pada tanggal 27-28 Oktober meningkat drastis. Total lebih dari 7 ribu pemesan tiket.

"Dari data pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020 menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara tanggal 27 Oktober 2020 dengan volume sementara sekitar 7.270 hingga Rabu 28 Oktober 2020 dengan volume sementara sekitar 7.679 penumpang," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dalam keterangannya, Minggu, 25 Oktober 2020.

Angka pemesan tiket itu masih akan bertambah. Pemesan tiket pada momen libur panjang bertambah 2 kali lipat. "Jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah 2 (dua) kali lipat jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu sebesar 2.876 penumpang," kata Eva.

Melihat situasi ini, PT KAI menambah jumlah armada. Jika di hari biasa dioperasikan 18 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), kini ada 27 perjalanan.

"27 perjalanan KAJJ per hari yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan pemberangkatan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota," katanya.

Eva mengimbau, agar calon penumpang untuk melakukan rapid test minimal sehari sebelum jadwal keberangkatan. Hal itu guna meminimalisir kepadatan yang akan terjadi.

"Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid test. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid test bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000. Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid test di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas," katanya. (dtk)