Habib Bahar Smith. (Foto:Antara)

Lho, Ternyata Bahar Smith Itu Tahanan Yang Sangat Berbahaya?

Hukum 21 May 2020 13:42 WIB

Habib Bahar bin Smith kini sudah dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Ini penjara untuk napi kelas berat. Dulu sempat jadi penjara tokok-tokoh Komunis.

Pemindahan Bahar Smith juga terkesan mendadak. "Kami baru dapat pemberitahuan Selasa  tengah malam. Pukul 06.00 WIB sudah tadi tiba di Wijayapura, terus menyeberang, sampai Lapas Batu hari Rabu pukul 06.35 WIB," kata Kepala Lapas Kelas I Batu Erwedi Supriyatno.

Lapas Batu dikhususkan untuk napi berisiko tinggi (high risk), sangat berbahaya. Kata Supriyatno, Habib Bahar ditempatkan dalam satu kamar sendiri tanpa ada napi lainnya. Apakah Bahar Smith termasuk napi berisiko tinggi? Sangat berbahaya? 

"Kalau di Lapas Batu 'one man one cell, satu orang satu sel, karena high risk'. Jadi sendirian dalam satu kamar," tegasnya.

Ia mengatakan proses pemindahan Habib Bahar hingga penerimaan di Lapas Batu telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Bahkan, kata dia, pihaknya juga melaksanakan SOP yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Habib Bahar Smith ditahan lagi, dan bahkan dibawa ke Nusa Kambangan,  setelah simpatisan pendukung Habib Bahar bin Smith dianggap melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat menggeruduk Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

Massa menggeruduk lapas Gunung Sindur karena Bahar Smith tidak boleh dikunjungi siapapun, termasuk pengacara dan keluarga. Karena itu simpatisannya datang untuk mempertanyakan kenapa dia tidak boleh dikunjungi.

Massa hanya ingin Habib Bahar bisa ditemui pengacara dan keluarga. Mereka tetap di pos aja," kata Aziz, salah seorang pendukung Bahar Smith.

Kini, Habib Bahar Smith bukan saja tidak boleh dikunjungi, tetapi malah diasingkan ke Nusa Kambangan. Ada proses hukumnya? (Ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

05 Jul 2020 01:40 WIB

Pacar Putra Sulung Donald Trump Positif Covid-19

Internasional

Kimberly Guilfoyle, pacar putra sulung Donald Trump, terinfeksi Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...