Film Animasi Disney Onward. (Foto: Disney-Pixar)

LGBT, Film Animasi Disney Onward Dicekal di Timur Tengah

Film 10 March 2020 00:15 WIB

Disney dan Pixar memang secara resmi memperkenalkan karakter LGBTQ pertama mereka di film animasi Onward.

Dalam film yang dibintangi oleh Tom Holland dan Chris Pratt ini, dua peri bersaudara yakni Ian dan Barley Lightfoot sempat bertemu dengan polisi cyclops bernama Specter.

Kala itu, Specter berdiskusi dengan Ian dan Barley Lightfoot yang sedang menyamar sebagai polisi centaur sekaligus pacar ibu mereka, Bronco. Specter berkata, tak mudah menjadi orang tua baru.

"Anak dari kekasih perempuan saya suka menjambak rambut saya," kata Specter kepada Bronco.

Polisi Specter disulih suara oleh Lena Waithe. Pixar juga mengonfirmasi Specter merupakan queer. Produser Onward, Kori Rae, mengungkapkan perkembangan karakter tersebut terjadi tanpa disengaja.

Keputusan Disney untuk menampilkan karakter LGBTQ pertama dalam proyek animasi mereka ini rupanya menuai beragam komentar dari penggemar. Ada yang mendukung keputusan Disney untuk merepresentasikan karakter LGBTQ, namun ada pula yang menentang habis-habisan.

Bahkan laporan terbaru menyebut kalau beberapa negara Timur Tengah telah membuat pengumuman untuk melarang penayangan film ini karena mengandung konten LGBTQ. Mengingat bahwa beberapa negara di Timur Tengah memang memiliki sejarah anti-LGBTQ, tentunya pencekalan penayangan Onward ini dinilai menjadi hal yang cukup wajar.

Selain pencekalan itu, Disney dan Pixar harus rela mendapatkan kerugian hasil penayangan film-film di bioskop Tiongkok dan Asia yang mengalami penurunan cukup signifikan akibat merebaknya wabah virus corona.

Onward berkisah tentang dunia fantasi dan berpusat pada cerita dua saudara elf remaja, yaitu Barley dan Ian Lightfoot (Chris Pratt dan Tom Holland) yang memulai petualangan untuk menemukan sihir.

Film ini diarahkan oleh sutradara Monsters University, Dan Scanlon, dan diciptakan oleh kreator Toy Story 4 serta The Incredibles.

Proyek animasi ini sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2018 lalu. Namun Disney dan Pixar menundanya, dan akhirnya film ini dirilis global pada 6 Maret.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 05:03 WIB

Berhias itu Diperbolehkan dalam Islam, Asal...

Islam Sehari-hari

Islam ajarkan agar Muslim jaga kewibawaannya (muru’ah)

29 May 2020 05:00 WIB

Siap Panas

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan menulis tentang dinamika politik Tiongkok.

29 May 2020 04:48 WIB

4 Cara Memposting Ulang Instagram Story, Gampang Kok...

Aplikasi

Memposting ulang instagram story gampang kok. Ini caranya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.