Raih 65 Emas, Jokowi Ucapkan Selamat pada Kontingen Indonesia

08 Dec 2019 20:21 Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada kontingen Indonesia yang sedang berlaga di SEA Games 2019 Filipina. Ucapan selamat kepala negara itu tidak perlu menunggu pesta olah raga negara Asean ini berakhir.

Karena perolehan medali kontingen Indonesia sudah melampaui terget, yakni 60 medali emas. Sedang medali yang diperoleh atlet Indonesia saat ini sebanyak 64 medali emas. Indonesia juga menyodok di urutan kedua setelah tuan rumah Filiphina.

Juru bicara presiden Fajroel Rahman mengatakan, ucapan selamat presiden disampaikan melalui Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan CdM Indonesia Harry Warganegara, Minggu 8 Desember 2019 sekitar pukul 16.00 WIB.

"Presiden mengajak seluruh rakyat Indonesia berdoa untik kontingen Indonesia yang sedang menyelesaikan sisa laga. Termasuk final sepakbola antara Indonesia melawan Vietnam nanti," kata Fajrol.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sebelumnya menjelaskan mengenai target yang dicanangkan presiden itu disampaikan saat melepas Kontingen SEA Games di Istana Bogor.

Jokowi pada waktu itu menargetkan kontingen SEA Games Indonesia dapat menempati peringkat kedua pada perolehan medali pada pesta olahraga Asia Tenggara ke-30 di Filipina.

"Jadi target yang disampaikan Pak Presiden, berdasarkan masukan berbagai pihak bukan hanya dari Kemenpora, tapi dari berbagai pihak," kata Menpora.

Jelang pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, kontingen Indonesia mencatatkan namanya sebagai negara pertama yang merebut medali emas. Prestasi itu diukir atlet putra polo air usai mengalahkan Malaysia

Emas pertama itu menjadi bersejarah mengingat ini merupakan kali pertama Indonesia meraih medali tersebut sekaligus mengakhiri 54 tahun dominasi Singapura di olahraga polo air putra.

"Polo air awalnya tidak masuk dari target emas, waktu saya datang ke pelatnasnya pelatih polo air hanya senyum senyum waktu saya targetkan emas dan para pemain enggak berani karena cabor ini selalu dimenangkan Singapura, tapi alhamdulillah kita dapat emas," tutur Zainudin.

Selain itu, Menpora juga mengatakan SEA Games 2019 ini akan menjadi acuan dan pembelajaran sebagai persiapan Indonesia berebut posisi sebagai tuan rumah di Olimpiade 2032.

"Presiden menaruh harapan besar pada SEA Games tahun ini, sebagai persiapan Olimpiade" ujar kata Menpora.

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini