Busana karya Natalia Renata Angelina terinspirasi dari panorama pegunungan Bromo dan keunikan suku Tengger. (Foto: Istimewa)
Busana karya Natalia Renata Angelina terinspirasi dari panorama pegunungan Bromo dan keunikan suku Tengger. (Foto: Istimewa)

Terinspirasi Gunung Bromo Hadirkan Busana Wonders Earth

Ngopibareng.id Inovasi 20 January 2021 17:23 WIB

Terinspirasi dari panorama Gunung Bromo serta keunikan pakaian suku Tengger, desainer muda Natalia Renata Angelina membuat koleksi busana Wonders Earth dengan tema Akasha. Nama Akasha sendiri dipilih karena menunjukan proses terbentuknya bumi dari 5 elemen, yaitu tanah, air, api, udara dan ruang.

Sedangkan Wonders Earth mengambil konsep elemen tanah yang mengambarkan keindahan pegunungan Indonesia. "Lewat busana ini saya ingin menampilkan kesan busana yang klasik dengan cara berpakaian masyarakat di Bromo," kata Natalia kepada Ngopibareng.id, Rabu 20 Januari 2021.

Natalia menjelaskan, dalam koleksi busananya ini, ia ingin menonjolkan keindahan alam bentangan pasir hitam Gunung Bromo. "Selain itu, busana ini juga menonjolkan budaya suku Tengger, yang memiliki ciri khas sarung yang dililit di bagian leher," terang perempuan kelahiran Malang 13 Desember 1999 ini.

Natalia dan dua busana rancanganya yang diperagakan oleh model Foto IstimewaNatalia dan dua busana rancanganya yang diperagakan oleh model. (Foto: Istimewa)

Natalia menampikan warna hijau, coklat, dan hitam untuk mempertajam karakter busana. Selain itu, salah satu dari tiga desain busana tersebut juga dikombinasi warna-warna cerah yang menggambarkan langit saat matahari terbit.

Untuk material yang dipilih pun, Natalia mengatakan memilih jenis kain linen rami yang merupakan bahan ramah lungkingan.  Sementara untuk potongan busanannya sendiri, desainer yang tinggal di Bali ini memilih potongan asimetris dengan dimodifikasi gaya klasik. Serta potongan standart untuk setelan celana dan outernya.

"Untuk detailnya sendiri, saya berikan di bagian lengan dengan menambah manik-manik  dan kain jaring-jaring di salah satu bagian," imbuh Natalia.

Melalui koleksinya ini, Natalia berharap perkembangan fashion di Indonesia lebih mengeksplore keindahan alam. "Lewat karya ini juga saya ingin masyarakat lebih menghargai keberagaman budaya di Indonesia," tandasnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:36 WIB

Posko di Tingkat Desa Efektif Memperkuat PPKM Mikro

Nasional

Pos komando (Posko) tingkat desa dan kelurahan memperkuat PPKM.

09 Mar 2021 07:21 WIB

Kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Ke BPCB Jatim

Nasional

Menguatkan literasi masa lalu sebagai fondasi masa depan.

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...