Sambut Bulan Bahasa, Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi Long March

26 Oct 2018 21:52 Pendidikan

Puluhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar aksi long march, Jumat 26 Oktober 2018 untuk memperingati Bulan Bahasa.

Salah satu mahasiswa, Rifqi Muhammad Rizky Aryada mengatakan aksi ini digelar sebagai upaya membangkitkan semangat untuk melestarikan bahasa. Selain itu aksi ini dilangsungkan untuk meningkatkan kesadaran penggunaan Bahasa Indonesia.

Lebih lanjut, Rifqi menyebutkan aksi simpatik ini juga sekaligus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menaati segala aturan di negara Republik Indonesia. Terutama dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, menerapkan aturan yang berlaku, melestarikan budaya lokal, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia," katanya.

Sementara itu, mahasiswa lainnya, Helmi Mahendri, menyatakan apabila masyarakat tetap menggunakan Bahasa Indonesia dengan kaidah-kaidahnya, maka hal itu juga salah satu upaya untuk turut mendukung pelestarian bahasa daerah.

"Dengan menjadi pengguna Bahasa Indonesia yang aktif maka kita juga telah mendukung pelestarian bahasa daerah yang juga banyak diserap ke dalam Bahasa Indonesia," pungkasnya. (umr)

Penulis : Umar Alfa
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini