Leonardo DiCaprio Sumbang Kebakaran Hutan Amazon Rp71 Miliar

29 Aug 2019 18:00 Selebriti

Aktor Leonardo DiCaprio selama ini dikenal sebagai sosok yang sangat peduli akan lingkungan dan isu kemanusiaan. Baru-baru ini, ia menyumbang total Rp71 miliar untuk kebakaran hutan Amazon.

Dilansir dari BBC, Leonardo DiCapriro dan organisasi lingkungannya, Earth Alliance, menyumbang USD 5 juta atau sekitar Rp71 miliar sebagai bentuk bantuan mereka kepada korban kebakaran di Amazon.

Earth Alliance akan memberikan uang tersebut pada komunitas-komunitas lokal seperti Instituto Associacao Floresta Protegida (Kayapo), Coordination of the Indigenous Organizations of the Brazilian Amazon (COIAB) hingga Instituto Kabu (Kayapo).

Selain itu, Earth Alliance juga akan menurunkan sejumlah relawan untuk memberikan bantuan langsung.

Sebelumnya, aktor peraih Academy Award ini lebih dulu mengungkapkan rasa empatinya terhadap kebakaran hutan Amazon melalui sejumlah postingan di akun Instagram.

Diketahui, Earth Alliance dibentuk oleh Leonardo DiCaprio dan beberapa rekannya pada Juli lalu. Organisasi tersebut berfokus pada perlindungan satwa liar, iklim, dan mengamankan hak-hak istiadat masyarakat tertentu.

Sementara itu, kebakaran yang melanda hutan Amazon di Brasil belakangan ini telah mencapai rekor terparah sejak 2013.

Menurut Pusat Penelitian Luar Angkasa Brasil (Instituto Nacional de Pesquisas Espaciais/INPE), pada tahun 2019 ini, tercatat ada 72.843 kejadian terbakarnya lahan di area hutan Amazon.

Temuan NASA menunjukkan, kebakaran Hutan Amazon kali ini adalah yang terbesar sejak 2010, satu rekor tersendiri dalam sejarah Brasilia.

Pendeteksian kebakaran itu menggunakan Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) milik NASA. Alat itu telah digunakan sejak 2003 seperti dilansir dari laman Space.com.

Kebakaran itu telah memicu kemarahan publik ketika para pencinta lingkungan menyalahkan oknum penebang dan peternak karena menyalakan api untuk membuka lebih banyak lahan.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini