Leonardo DiCaprio Dituduh Presiden Brasil Bakar Amazon

02 Dec 2019 23:58 Internasional

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, tiba-tiba menuding aktor dan pencinta lingkungan Leonardo DiCaprio yang diduga membiayai rencana pembakaran hutan hujan Amazon secara sengaja.

Tudingan itu dilayangkan Jair Bolsonaro kepada bintang film Titanic itu tanpa dukungan bukti yang kuat.

"Ini Leonardo DiCaprio seorang pria yang keren, bukan? Memberi uang supaya Amazon dibakar. Leonardo DiCaprio, sial, kau berkolaborasi dengan pembakaran Amazon," kecam Jair Bolsonaro, menuduh aktor itu menjadi bagian dari 'kampanye internasional melawan Brasil'.

Tuduhan Jair Bolsonaro yang tidak berdasar, terkait dengan penangkapan empat petugas pemadam kebakaran sukarela yang dituduh oleh polisi setempat juga tampaknya tanpa bukti. Mereka dituduh membakar hutan untuk meningkatkan upaya penggalangan dana untuk sebuah LSM internasional.

Petugas pemadam kebakaran kemudian dibebaskan di tengah kemarahan publik yang meluas atas perlakuan mereka dan pertanyaan atas penyelidikan polisi.

Selain itu, putra politisi Bolsonaro Eduardo mengklaim di Twitter bahwa DiCaprio telah menyumbangkan $ 300.000 (£ 230.000) untuk 'LSM yang membakar Amazon' dan menuduh kelompok konservasi World Wildlife Fund (WWF) membayar LSM sekitar £ 13.000 untuk foto-foto hutan terbakar.

WWF membantah telah menerima donasi dari Leonardo DiCaprio atau mendapat foto dari pemadam kebakaran. Senada, Leonardo DiCaprio juga dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

"Masa depan dari ekosistem yang tak tergantikan ini tengah di ujung tanduk dan aku bangga berdiri bersama grup yang melindunginya. Meski patut didukung, kami tidak mendanai organisasi yang menjadi target," tutur aktor 45 tahun ini di akun Twitter pribadinya.

Bintang film Catch Me if You Can itu juga mengatakan, ia akan tetap pada komitmennya untuk mendukung upaya rakyat Brasil untuk menangani krisis Hutan Amazon.

"Aku tetap berkomitmen untuk mendukung komunitas asli Brasil, pemerintah lokal, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa kenal lelah untuk menyelamatkan Amazon demi masa depan semua warga Brasil," tulis Leonardo DiCaprio.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini