Bupati Bener Meriah, Aceh, Tgk Sarkawi. (Foto: Istimewa)

Lengser dari Jabatan, Bupati Bener Meriah, Aceh sedang Sakit

Nasional 24 May 2020 20:15 WIB

Bupati Bener Meriah, Aceh, Tgk Sarkawi umumkan pengunduran dirinya. Hal itu disampaikan Tgk Sarkawi kepada masyarakat, saat menjadi katib pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri 1441 Hijriah di Lapangan Agung Mesjid Babussalam, Bener Meriah.

Tgk Sarkawi mengundurkan diri karena alasan kesehatan, dia ingin fokus berobat.

"Saya berobat ke Penang, terakhir ke Kuala Lumpur namun belum ada kesembuhan, bapak ibu sekalian, kami berencana berobat penuh demi kesehatan kami, sambil mengajar di pasantren, maka dalam kesempatan yang mulia ini, saya Tgk Sarkawi mengundurkan diri dari Bupati Bener Meriah," ujar TGK Sarkawi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, proses pengunduran dirinya saat ini terlah berlanjut mulai, administrasi ke Mendagri, Gubernur, DPR.

Profil

Dikutip dari situs resmi Pemkab Bener Meriah, Tgk Sarkawi lahir di Aceh Tenggara pada 27 Februari 1975. Di Bener Meriah, dia dikenal sebagai pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Arifin.

Pria yang akrab disapa Abuya Sarkawi ini pernah memimpin Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Bener Meriah selama dua periode (2004-2009, 2009-2014). Ayah lima anak ini kemudian terjun ke dunia politik dan mengikuti Pilkada Serentak 2017.

Sarkawi menjadi calon wakil bupati yang berpasangan dengan Ahmadi. Pasangan nomor urut tiga ini diusung Partai Golkar dan Partai Daerah Aceh (PDA). Saat pemilihan, mereka berhasil mengalahkan enam pasangan calon lain.

Ahmadi dan Sarkawi dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Bener Meriah periode 2017-2022 pada Jumat, 14 Juli 2017. Setahun menjabat, Ahmadi ditangkap KPK bersama eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Sarkawi kemudian menjabat Plt Bupati Bener Meriah. Mantan Ketua Himpunan Ulama Dayah itu pun selanjutnya dilantik sebagai Bupati Bener Meriah pada 30 April 2019.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Bener Meriah Wahidi, mengatakan rencana pengunduran diri Bupati tersebut telah disampaikan Sarkawi melalui lisan kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Proses administrasi pengunduran diri bakal diproses setelah masuk kerja pasca Idul Fitri.

"Sampai surat keputusan pengunduran diri beliau resmi disetujui oleh pejabat yang berwenang, beliau masih akan menjalankan tugas dan kewajiban sepenuhnya sebagai bupati," ujar Wahidi.

Tgk Sarkawi sebelumnya merupakan Wakil Bupati Bener Meriah mendampingi Ahmadi sebagai Bupati. Lebih lanjut Sarkawi menjabat Bupati Bener Meriah sejak Selasa 30 April menggantikan Ahmadi yang ditangkap KPK pada awal Juli 2018 lalu.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 17:09 WIB

Update Corona Indonesia: Tambah 1.679 Total 113.134 Kasus Positif

Nasional

Kasus positif corona di Indonesia bertambah 1.679 orang.

03 Aug 2020 16:56 WIB

Unggah Foto Seperti Beyonce, Warganet: Adele Kamu Juga Ratu

Musik

Penyanyi Adele meniru penyanyi idolanya dengan unggah foto seperti Beyonce.

03 Aug 2020 16:45 WIB

Viral, Pria Belai Kaki Cewek Saat Lampu Merah

Hiburan

seorang pria grepe kaki perempuan yang diboncengnya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...