Launching zona wisata baru, yakni Lemur Kingdom di Batu Secret Zoo (Foto: Theo/ngopibareng.id)
Launching zona wisata baru, yakni Lemur Kingdom di Batu Secret Zoo (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Lemur Kingdom Jadi Wisata Satwa Baru di Batu Secret Zoo

Ngopibareng.id Destinasi 14 December 2019 16:16 WIB

Batu Secret Zoo menghadirkan salah satu koleksi satwa langka, yaitu spesies lemur, mamalia asli negara Madagaskar tersebut mengalami masalah di habitat aslinya.

Dari 103 spesies lemur yang ada sekitar 90 persen dari total keseluruhan masuk dalam kategori terancam punah, sehingga satwa ini menjadi primata paling terancam di dunia.

Kehilangan habitat dan perburuan liar menjadi alasan utama yang memengaruhi kelestarian lemur. Bahkan pemerintah madagascar telah menetapkan lemur sebagai satwa yang dilindungi.

"Lemur Kingdom ini menjadi zona baru, untuk sarana edukasi bagi para wisatawan serta sebagai area konservasi," tutur General Manager Jatim Park 2, Agus Mulyanto, saat launching Lemur Kingdom.

Hunian baru lemur tersebut memiliki luas sekitar 500 meter persegi dengan tinggi 12 meter yang telah didesain khusus, sehingga sangat mirip dengan habitat asli lemur di Pulau Madagascar.

"Lemur kingdom ini dipersembahkan khusus untuk para lemur yang ada di Batu Secret Zoo. Pengunjung juga dapat memperoleh edukasi tambahan tentang keunikan pulau Madagascar yang istimewa. Mulai dari tanaman, kondisi alam, hingga penduduk dan kebudayaanya," tutur Agus.

Adapun jumlah spesies lemur yang saat ini menjadi koleksi Batu Secret Zoo yaitu sebanyak 6 spesies dengan jenis, ring-tailed lemur, brown lemur, red collared lemur, red ruffed lemur, black lemur, dan black and white lemur.

"Target kami akan memasukkan sebanyak 20 jenis spesies lemur. Sisanya masih menyusul, kami urus segala kelengkapan mulai dari administrasi segala macam. Semua nanti akan kami masukkan ke sini (Lemur Kingdom)," terang Agus.

Agus berharap masyarakat umum bisa lebih dekat dengan lemur, mereka bisa memiliki pemahaman mengenai pelestarian satwa tersebut.

"Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat umum, juga kepada siswa serta mahasiswa mengenai bagaimana ekosistem hidup lemur. Agar mereka tahu bagaimana cara melestarikan hewan tersebut," jelasnya.

Agus menyampaikan bahwa Batu Secret Zoo sebagai salah satu lembaga konservasi di Indonesia, selalu berusaha mendukung dan memberikan kontribusi dalam hal penyelamatan konservasi satwa-satwa dari berbagai belahan dunia.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 22:50 WIB

Eks Suami Jadi Duda Lagi, Wulan Guritno Gugat Cerai Suami Kedua

Gosip Artis

Wulan Guritno gugat cerai suaminya, Adilla Dimitri.

01 Mar 2021 22:35 WIB

Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip Dilarikan ke RS Jantung

Internasional

Pangeran Philip berusia 99 tahun.

01 Mar 2021 22:20 WIB

Piala Menpora, Persebaya Bertumpu pada Pemain Muda

Liga Indonesia

Persebaya sudah ditinggal 10 pemain andalan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...