Suasana di kawasan Menteng, Jakarta Pusat setelah adanya ledakan. (Foto:Istimewa)

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional 06 July 2020 06:09 WIB

Bom rakitan yang meledak di Menteng, Jakarta Pusat cukup mengejutkan banyak pihak. Di tengah perhatian masyarakat terkonsentrasi pada masalah pandemi Covid-19, ledakan itu cukup bikin was-was masyarakat sekitar. Begitupun, diperkirakan tidak terkait dengan aksi terorisme.

"Sementara ini, belum ada indikasi bahwa pelaku serangan dapat dikaitkan dengan kelompok teroris yang saat ini aktif," kata Country Director for International Association for Counterterrorism & Security Professional (IACSP) Indonesia, Rakyan Adibrata, dikutip Senin, 6 Juli 2020.

Menurut Rakyan, ledakan yang terjadi di Menteng berbeda dengan yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI.

"Dilihat dari bomb signature, yang biasa dipakai kelompok teroris JAD maupun JI dominannya menggunakan unsur dasar ammonium nitrate, potassium chlorite, ataupun kalau JAD sering menggunakan triacetone triperoxide (TATP). Namun, bahan-bahan dasar ini bersifat combustive yang akan meninggalkan burn mark yang sangat jelas," tuturnya, dikutip dari siaran RRI Minggu 5 Juli 2020 malam.

Pada kasus ini, kata dia, tidak terlihat ada burn mark mencolok di lokasi ledakan.

Hal lain yang menandakan bahwa yang meledak bukan bahan peledak yang biasa menjadi bomb signature kelompok teroris JAD adalah kualitas ledakan yang bahkan bisa dibilang sekelas petasan ketimbang di-grade sebagai low explosive.

Seperti diketahui, terdengar ledakan dari sebuah mobil mewah yang terparkir di Jalan Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Ledakan tersebut diduga berasal dari bom rakitan yang dilemparkan mengarah pada mobil tersebut oleh orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor.

"Itu ledakan kecil saja," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Minggu, 5 Juli 2020.

Petugas Polsek Menteng bersama tim identifikasi Polres Metro Jakarta Pusat kemudian memasang garis polisi pada kendaraan bernopol B 1812 PJH itu.

Polisi segera melangsungkan oleh tempat kejadian perkara setelahnya. Petugas menemukan puing plastik dan batere berserakan.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:46 WIB

Lakon Sabdo Pandito Rakjat Berkisah Tentang Dalang Ki Nartosabdo

Hiburan

Sore ini bisa disaksikan secara streaming di Youtube.

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...