Kepadatan stasiun Gubeng Surabaya saat mudik lebaran 2018. (foto: ngopibareng)

Lebaran Kedua, Penumpang KA di Daop 8 Surabaya Sebanyak 386.893

16 Jun 2018 12:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Lebaran hari kedua, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya telah mencatat ada sebanyak 386.893 penumpang dari seluruh kelas kereta api. Dari jumlah ini, petugas telah mencatat ada kenaikan yang tak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan tahun kemarin di hari yang sama, yakni sebanyak 384,974.

Manajer Humas Kereta Api Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengakatan bahwa kenaikan di hari kedua lebaran jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya tak terlalu mengalami kenaikan yang signifikan.

"Jika dibanding tahun sebelumnya yang sama-sama di hari kedua lebaran hanya selisih 1.919 penumpang saja. Jadi tak mengalami kenaikan yang signifikan," kata Gatut, Sabtu 16 Juni 2018.

Sementara itu, jika melihat tren jumlah penumpang di dua stasiun besar di Surabaya, seperti Gubeng dan Pasar Turi, juga ada kenaikan penumpang entah dari yang hendak naik maupun yang akan turun.

"Hari ini kami mencatat, di Stasiun Gubeng penumpang yang naik sebanyak 9.623 dan yang turun 6.591 orang. Sedangkan di Stasiun Pasar Turi penumpang naik sebanyak 5.454 dan yang turun 4.288 orang," katanya.

Jumlah ini tentu mengalami peningkatan dari hari kemarin saat hari H lebaran, yakni pada Jumat 15 Juni 2018. Kenaikan ini juga tak terlalu signifikan dan akan terus terjdi hingga arus balik lebaran usai.

"Kita melihat kalau di hari H lebatan kemarin ada perbedaan dari jari ini, di Stasiun Gebeng saja ada sebanyak 9.927 penumpang yang naik dan yang turun ada 4,048 orang. Sementara di Stasiun Pasar Turi penumpang yang naik juga mengalami peningkatan sebanyak 5,563, namun justru penumpang yang turun mengalami penurunan jumlah, hanya ada 3,653 penumpang," ucapnya. (hrs)

Selain itu, di arus balik kali ini, PT KAI juga berencana menyediakan dua tambahan kereta. Dua KA tambahan tersebut, yakni Sembrani  Leb tujuan Surabaya Pasarturi-Gambir dan KA Tambahan Premium tujuan Surabaya Gubeng - Malang. (hrs)