Peserta BPJS Kesehatan memanfaatkan layanan jemput bola. (Foto: BPJS Kesehatan)

Layanan Jemput Bola ala BPJS kesehatan

BPJS Kesehatan 10 March 2020 20:06 WIB

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pesertanya, BPJS Kesehatan selalu mengupayakan agar program yang dibuat untuk mensejahterakan pesertanya dapat berjalan secara berkesinambungan. Hingga saat ini, program layanan jemput bola atau Mobile Customer Service (MCS) terus dijalankan ke titik yang menjadi tempat berkumpulnya warga. hal tersebut sebagai langkah untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS untuk mengkases layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS.

Sanim, 62 tahun, merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sangat merasakan manfaat dari adanya layanan jemput bola atau MCS ini. Baginya semenjak MCS BPJS Kesehatan hadir, dirinya sangat terbantu dalam mendapatkan informasi yang valid dan pelayanan yang biasanya dilakukan di kantor BPJS Kesehatan.

“Tidak rugi saya diberi kesempatan untuk dapat mengunjungi  MCS ini. Saya juga diberikan edukasi tentang aplikasi Mobile JKN di mana saya bisa melakukan pendaftaran peserta JKN, mengecek tagihan, ubah data peserta, catatan pembayaran, skrining riwayat kesehatan, lokasi fasilitas kesehatan, dan juga pengaduan keluhan,” ujar pria ini saat ditemui tim jamkesnews di Desa Wanajaya Selasa, 3 Maret 2020.

Dirinya menambahkan, dengan adanya layanan jemput bola melalui MCS BPJS Kesehatan tidak hanya mudah dalam prosesnya tetapi memudahkan dan membantunya di saat harus membutukan biaya pengobatan. Seperti yang pernah dialaminya ketika ia harus terkena penyakit diabetes.

“Awalnya saya setiap makan pagi itu bawaanya ngantuk terus, badan rasanya lemas, berat badan terus turun. Awalnya gak tau kalau penyakit gula, setelah cek ternyata saya positif terkena diabetes. Untungnya saya sudah jadi peserta JKN-KIS, jadi alhamdulillah menjadi lebih mudah baik dari sisi biaya dan pelayanannya. Setiap bulannya saya tetap check-up di Rumah Sakit Medika Cibitung. Sangat membantu pokoknya,” kata Sanim.

Diakhir pertemuannya, Samin mengajak kepada seluruh masyarakat yang ingin berobat murah untuk mengurus JKN-KIS. Karena dengan JKN-KIS semua dapat terbantu terutama ketika sedang membutuhkan biaya dalam pengobatan.
“Bagi semua masyarakat terutama yang belum mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Ayo bergabung dan tidak ada ruginya. Gak ada kata terlambat untuk memulai. Jangan menunggu giliran sakit baru kita daftar. Pokoknya JKN-KIS jaminan kesehatan yang bagus untuk kita dan keluarga,” tutup Samin.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 17:28 WIB

Ganjar Larang Disinfektan Disemprotkan ke Tubuh Manusia

Nusantara

Penyemprotan ke tubuh manusia justru malah berbahaya jika masuk ke paru.

31 Mar 2020 17:13 WIB

Curhat Kepala Puskesmas, Banyak Warga yang Iseng Isi Aplikasi

Surabaya

Kepala puskesmas Ngangel, minta masyarakat lebih bijak untuk Covid-19.

31 Mar 2020 17:00 WIB

Diendorse Arisan Bodong, Tyara Barbie Kapok Urusan dengan Polisi

Kriminalitas

Tyara Barbie diperiksa untuk pengembangan kasus arisan online

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.