Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah. (foto: ist)

Lawatan ke Mesir dan Sudan, Segera Diresmikan Markaz Dakwah Muhammadiyah Kairo

02 Apr 2018 16:59

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Guna mengembangkan dakwah Muhammadiyah di Kairo, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kairo membangun gedung dakwah atau yang akrab di Mesir dengan sebutan Markaz Dakwah. Rencananya Markaz Dakwah tersebut akan diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir pada Kamis (5/4/2018).

Fathu Rabbani, Sekretaris PCIM Kairo mengungkapkan, tujuan didirikannya Markaz Dakwah tersebut antara lain sebagai pusat peningkatan keilmuan dan kegiatan bagi pengurus PCIM Kairo, maupun warga Muhammadiyah di Mesir.

“Markaz Dakwah ini kami dirikan juga sebagai tempat berlangsungnya amal usaha PCIM dan sebagai pusat dakwah, informasi, dan promosi persyarikatan Muhammadiyah,” terang Rabbani, dalam keterangan diterima ngopibareng.id

Rabbani juga menjelaskan bahwa proses pembangunan Markaz Dakwah telah dimulai sejak awal tahun 2016.

“Kita membuat tim khusus untuk menangani pembangunan Markaz Dakwah, tim mengawali dengan proses pencarian flat dibeberapa tempat dengan mempertimbangkan kecocokan harga, kelengkapan surat-menyurat flat dan lokasi yang berdekatan dengan pemukiman Indonesia,” terang Rabbani.

Sementara itu, Bendahara Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Marpuji Ali menyampaikan, gagasan untuk membangun Markaz Dakwah Muhammadiyah Kairo tersebut sudah lama direncanakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

“Dari periode ke periode menjadi keinginan dan dambaan PCIM Mesir. Maka tahun 2015 akhir Ketua Umum PP Muhammadiyah bersama rombongan PP dan Rektor PTM ketika berkunjung ke Mesir, Turki, dan Tunisia memutukan untuk membangun dan mendirikan pusat dakwah  Muhammadiyah di kota Kairo itu,” jelas Marpuji.

Marpuji berharap, Markaz Dakwah Muhammadiyah tersebut selain menjadi tempat kegiatan PCIM Mesir, TK ABA Kairo yang sudah lama berkegiatan, juga menjadi pusat kegiatan keislaman di kawasan Timur Tengah.

“PP Muhammadiyah membangun pusat dakwah tersebut dalam satu matarantai program internasionalisasi Muhammadiyah, seperti membangun sekolah di Melbourne Australia serta Konsorsium Universitas Muhammadiyah di Malaysia,” imbuh Marpuji.
Markaz Dakwah yang terletak di Jalan Ruslan gedung 4 block 22 lantai satu Distric 9 Nasr City ini memiliki beragam fasilitas, diantaranya 4 ruang kantor, 3 ruang kelas TK ABA, 3 ruang homestay, aula dengan kapasitas 200 orang, dan meeting room dengan kapasitas 20 orang.  (adi)