Lawan Valencia, Barcelona Kemungkinan Masih Tanpa Messi

13 Sep 2019 23:57 Liga Spanyol

Cedera Lionel Messi hingga kini belum juga pulih. Pelatih kepala Barcelona Ernesto Valverde pun tak ingin ambil risiko dengan memaksakan bintang Argentina itu kembali beraksi dalam waktu dekat.

Sang manajer menjelaskan, bahwa dia tidak ingin menurunkan La Pulga karena khawatir cedera yang dialami pemain andalannya itu bakal lebih parah.

"Fakta bahwa dia tidak siap main adalah penting, saya tidak akan menyangkal itu," katanya tentang ketidakhadiran sang penyerang pada konferensi pers pada hari Jumat, 13 September 2019 menjelang pertandingan LaLiga melawan Valencia akhir pekan ini.

"Dia adalah pemain yang menentukan, terutama melawan tim-tim tangguh,” ujarnya seperti dikutip dari Marca.

"Kami berharap dia akan segera kembali. Kami berharap dia kembali dengan baik (benar-benar fit) karena kami tidak ingin mengambil langkah mundur.”

"Kami tidak tahu apakah dia akan siap untuk hari Selasa, 17 September 2019 (melawan Borussia Dortmund) atau apakah nanti (melawan Valencia),” katanya.

Valverde menginginkan yang terbaik bagi Messi. Sebab ia tak ingin sang pemain justru tak maksimal dan kembali dihantam cedera. Ia yakin itu akan lebih memusingkan dibanding absen di awal-awal kompetisi seperti sekarang.

"Kami perlu memaksimalkan potensi yang ada dan saya pikir kami memiliki skuad untuk melakukan ini,” kata Valverde.

"Meskipun benar bahwa kami merugi dengan absennya Messi, tapi setidaknya itu bisa menjadi peluang bagi pemain lain untuk melangkah maju."

Pelatih juga ditanya tentang wawancara Messi dengan Sport baru-baru ini.

"Kami terlalu menafsirkan apa pun yang ia katakan dan semua orang mempelajari bahasa tubuhnya dengan sangat detail," kata Valverde tentang reaksi terhadap komentar pemain tersebut mengenai kegagalan klubnya memboyong Neymar.

Masalah Neymar kembali dihembuskan. Sementara Valverde ingin mengakhiri pembicaraan tentang pemain Brasil itu.

"Kami telah berbicara tentang Neymar sebelum, selama, dan setelah bursa transfer ditutup. Dan saatnya untuk membalik halaman," katanya kepada media di Spanyol.

Soal Valencia , Valverde menyoroti perubahan kepelatihan di Mestalla. Meski dibesut pelatih anyar, Valverde tak yakin akan banyak perubahan pada tim itu, baik komposisi maupun taktik.

Pasalnya, pelatih mana pun tak akan mengambil risiko terlalu besar dengan melakukan perombakan dalam waktu yang sangat singkat.

"Mereka datang dari periode hasil yang bagus dan mereka akan datang dengan susunan pemain yang sama.

"Mereka memiliki 4-4-2 klasik dan bermain bagus dalam serangan balik, seperti yang kita lihat di final Copa del Rey."

Pada final Copa del Rey 2018-2019 lalu, Barcelona dibuat mati gaya. Valencia tampil apik dalam mematikan lini serang Blaugrana dan berhasil meraih gelar turnamen domestik tersebut.   

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini