Penutupan Latsitardanus 39 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 15 April 2019. (Foto: Humas)
Penutupan Latsitardanus 39 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin, 15 April 2019. (Foto: Humas)

Latsitardanus ke 39 Resmi Ditutup

Ngopibareng.id Jawa Timur 15 April 2019 21:00 WIB

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke 39 tahun 2019 ditutup oleh Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mabes Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin, 15 April 2019.

Hadir dalam acara ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta Jajaran petinggi TNI di Jawa Timur. Selain itu juga hadir Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar, Plt Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Jatim.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Lembaga Diklat Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan sangat bangga kepada peserta Latsitardanus yang telah mampu menyelesaikan kegiatan latihan dengan baik di tengah-tengah kehidupan sosial bermasyarakat, baik dalam bentuk kegiatan fisik maupun non fisik.

"Selamat atas keberhasilan para Taruna dan Taruni dari Akademi TNI, Akademi Kepolisian, dan juga para Praja Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang telah mampu menyelesaikan rangkaian program latihan integrasi di empat kabupaten di Jawa Timur," katanya.

Lanjut Arief, Latsitardanus merupakan salah satu kegiatan integratif Taruna Akademi TNI, Taruna Akademi Polri, dan Praja IPDN yang dilaksanakan pada akhir kalender pendidikan. Jawa Timur terpilih sebagai tempat pelaksanaan Latsitardanus yang ke-39.

Arief berharap agar mereka dapat memelihara komunikasi positif yang telah dibangun selama masa latihan bersama segenap komponen masyarakat di Jawa Timur, serta pengembangan nilai-nilai kemitraan tersebut dalam berbagai medan penugasan para taruna/taruni dimasa mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan jiwa dan semangat integrasi taruna, mahasiswa dan masyarakat melalui berbagai kegiatan antara lain penyuluhan, riset sosial, wisata juang, promosi dan karya bakti di lingkungan masyarakat," katanya.

Latsitardanus 39 dikuti sebanyak 991 orang peserta yang terdiri 263 Taruna Akademi Militer, 11 taruna Akademi Angkatan Laut, 100 Taruna Akademi Angkatan Udara, 306 Taruna Akademi Kepolisian, 100 Praja IPD dan 100 Mahasiswa.

Kegiatan terbagi di 4 daerah sasaran yaitu Satlak I Kabupaten Jember, Satlak 2 Kabupaten Bojonegoro, Satlak 3 Kabupaten Trenggalek, Satlak 4 Kabupaten Pamekasan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap Latsitardanus yang ke-40 tahun depan bisa kembali diselenggarakan di Jawa Timur. Menurutnya masyarakat Jawa Timur sangat antusias untuk melihat acara ini. (faq)

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Nov 2020 13:18 WIB

19 Jenderal dapat Tugas Baru di BNN, IPDN hingga KPK

Nasional

Tugas baru 19 jenderal di BNN, IPDN hingga KPK.

22 Nov 2020 13:05 WIB

26 Jenderal Dimutasi karena Promosi Jabatan

Nasional

Rotasi besar-besaran di tubuh Korps Bhayangkara.

22 Nov 2020 12:26 WIB

Daftar 14 Jenderal Polri Dimutasi karena Jelang Pensiun

Nasional

Mutasi jabatan 14 jenderal karena menjelang pensiun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...