Peserta workshop 'Look Good Feel Better' di AHCC. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Penyintas Kanker Melatih Percaya Diri dengan Kelas Makeup

RS Adi Husada 24 August 2019 16:09 WIB
RS Adi Husada Cancer Center

Pengobatan kanker seperti kemoterapi atau radioterapi tentu mempunyai efek samping. Misalnya alis, bulu mata hingga rambut rontok, kulit kering, bengkak, kulit memerah dan pucat. Adanya perubahan fisik ini jelas akan memberikan efek penurunan harga diri serta kepercayaan diri. Khususnya bagi perempuan pengidap kanker.

Melihat hal ini Can-Care Indonesia bersama Adi Husada Cancer Center (AHCC), berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Timur dan Viva Cosmetic menggelar workshop 'Look Good Feel Better', Sabtu, 24 Agustus, 2019.

Workshop digelar di kantor YKI Jawa Timur. Para penyitas kanker maupun pendampingnya diajarkan tentang perawatan kulit, perawatan kuku, cara menangani alopecia atau kepala yang botak karena rambut rontok.

Virgie Keen, perwakilian dari Can-Cer Indonesia, dalam kesempatan ini membagikan tips merawat rambut, kuku hingga cara memilih turban atau penutup kepala yang benar untuk penderita kanker.

"Kelas makeup yang kami laksanakan ini bukan tentang hasilnya yang bagus atau tidak. Tapi, bagaimana menanamkan rasa percaya diri dan meningkatkan harga diri pada penyintas kanker. Kalian juga bisa tampil cantik dengan makeup," ucap Virgie untuk memotivasi para penyitas kanker.

Menurut Virgie, kondisi kulit seseorang yang sedang menjalani pengobatan baik itu kemoterapi maupun radiasi, berubah menjadi sangat sensitif. Untuk itu penting menjaga kulit agar terlihat sehat dan segar.

"Karena obat, kemoterapi maupun radiasi menyebabkan kulit akan sangat sensitif. Maka dari itu, mengetahui bagaimana cara merawat kulit penting untuk diketahui. Supaya kalian tetap cantik meski dalam pengobatan," imbuhnya.

Suasana kelas make yang didukung oleh AHCC CanCare Indonesia YKI Jawa Timur dan Viva Cosmetic Foto PitangopibarengidSuasana kelas make yang didukung oleh AHCC, Can-Care Indonesia, YKI Jawa Timur dan Viva Cosmetic. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Sementara, Tini B. Renan, senior beauty consultan Viva Indonesia juga menjelaskan, kegiatan ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri para penyintas kanker.

"Dengan acara ini mereka punya wawasan lebih untuk mempercantik diri. Cantik dalam artian kulitnya sehat, tidak ada kerutan, tidak ada flek serta tidak terlihat kusam," ujar Tini yang memberikan workshop makeup kepada para peserta.

Tini juga menyampaikan, kiat-kiat memakai makeup sehari-hari agar terlihat segar dan sehat. Pertama,  bersihkan wajah. Setelah itu jangan lupa memakai pelembab.

Langkah kedua, gunakan foundation yang warnanya di bawah warna kulitnya. Setelah itu jangan lupa pakai lipstik agar terlihat segar dan tidak pucat. 

"Semoga dengan adanya acara ini mereka bisa lebih percaya diri. Dan bisa tampil cantik dengan menjadi diri mereka sendiri serta tidak malu atas kondisinya," tambah Tini.

Salah satu peserta, Asman yang sudah 7 bulan berjuang melawan kanker serviks mengatakan senang dengan kegiatan ini. Selain belajar makeup, dirinya juga lebih termotivasi untuk percaya diri.

"Dengan makeup saya bisa lebih percaya diri ketemu dengan orang banyak. Jadi mau coba makeup setiap hari," cerita Asman. 

Can-Care merupakan pusat penyedia produk dan layanan post care bagi pengidap kanker. Can-Care memiliki misi untuk menginspirasi dan meningkatkan kualitas hidup lebih baik, bagi penyandang kanker melalui program layanan umum gratis.

Layanan ini dibuka untuk semua wanita pengidap kanker, baik yang menjalani kemoterapi, radiasi atau bentuk perawatan lainnya.

Bila Anda ingin berkonsultasi, silahkan datang ke Can-Care yang berlokasi di lantai 4  AHCC, Jalan Undaan Wetan 40-44, Surabaya.

Hasil makeup salah satu peserta Titin 49 tahun Foto PitangopibarengidHasil makeup, salah satu peserta Titin, 49 tahun. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jul 2020 14:36 WIB

Mengenal Jenis Metode Pembedahan Pada Pasien Kanker

RS Adi Husada

Pembedahan dilakukan bila dokter menganggap perlu.

25 Jun 2020 12:19 WIB

Empat Gejala Kanker yang Sering Dianggap Remeh

RS Adi Husada

Penyebab kanker akut karena mengabaikan gejalanya.

22 Jun 2020 12:58 WIB

Ini Bahan Alami Pengganti Penyedap Rasa Bagi Penyintas Kanker

RS Adi Husada

Penyedap rasa bagi penyitas kanker bisa diganti dari olahan alami.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...