Ilustrasi (Foto: google)
Ilustrasi (Foto: google)

Benarkah Lasik Bisa Menyebabkan Mata Kering, Ini Faktanya

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 24 November 2019 13:21 WIB
RS Mata Undaan

Benarkan Lasik dapat menyebabkan mata kering? Anggapan seperti inilah yang santer beredar di kalangan masyarakat mengenai lasik. Sehingga banyak penderita mata minus yang takut dan berpikir ulang untuk melakukan lasik.

Menurut dr. Ria Sylvia Sp.M Spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) mengatakan, bahwa kabar itu hanya mitos belaka.

"Tindakan Lasik memang dapat menyebabkan mata kering, tetapi hanya kurang lebih 1 sampai 3 minggu pasca operasi," ujar dr. Ria Sylvia Sp.M.

Lanjut Ria Sylvia, keadaan ini terjadi lantaran masa pertumbuhan saraf penghubung mata dan kelenjar air mata yang terpotong. Menurutnya keadaan ini bisa dibantu dengan ditetesi air mata buatan sampai kondisi pasca operasi tersebut membaik.

Operasi Lasik adalah atau laser-assisted in-situ keratomileusis merupakan sebuah prosedur medis yang ditujukan untuk menangani beberapa gangguan penglihatan, seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), dan astigmatisme. Dengan operasi lasik, Anda bisa mengurangi pemakaian kacamata dan lensa kontak  atau bahkan terbebas dari keduanya.

Namun ada baiknya sebelum melakukan lasik, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter spesialis mata terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah kondisi mata benar-benar bagus untuk melakukan operasi lasik.

Sampai saat ini agar tidak bergantung dengan kacamata. Tindakan Lasik menjadi satu satu cara yang dapat dilakukan.

RSMU yang mempunyai layanan khusus Lasik, yakni Surabaya Advanced Lasik Center (SALC) merupakan pusat layanan kesehatan, khusus untuk mengatasi penglihatan dengan menggunakan laser (Laser Vision Correction) yang ada di wilayah Jawa Timur, tepatnya di Surabaya.

Dengan teknologi yang mutakhir dan dokter yang berpegalaman SALC siap memberikan layanan terbaik untuk tindakan Lasik Anda.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

15 Jan 2021 19:33 WIB

Situs Perbengkelan Majapahit akan Dijadikan Open Site Museum

Seni dan Budaya

Situs perbengkelan klasik di masa Kerajaan Majapahit.

11 Jan 2021 15:43 WIB

CDC RS Mata Undaan Pelatihan Tenaga Eksisi untuk Donor Kornea

RS Mata Undaan

Pelatihan teknis menambah cakupan donor mata.

29 Dec 2020 10:35 WIB

CDC RS Mata Undaan Sosialisasi Donor Kornea Bersama Rotary Club

RS Mata Undaan

Calon pendonor sekarang lebih mudah untuk mendaftar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...