Langkah-Langkah Melakukan 'Sadari' yang Benar dari AHCC Surabaya

26 Jun 2019 18:17 RS Adi Husada

Pencegahan kanker payudara menjadi penting bagi kaum wanita, mengingat angka kematian akibat kanker payudara di Indonesia masih cukup tinggi.

Salah satu cara pencegahan yaitu Periksa Payudara Sendiri atau 'Sadari'. Cara ini cukup efektif karena 85 persen kanker payudara diketahui lewat 'Sadari'.

Dalam seminar bertema 'Bagaimana Melakukan Pencegahan dan Pengobatan Kanker Payudara' yang diselenggarakan oleh Adi Husada Cancer Center (AHCC) bersama Prosolid, Virgie Keen dari Can-Care yang juga rekanan AHCC menjelaskan sekaligus praktik melakukan 'Sadari' yang benar.

"Lakukan 'Sadari' sekitar satu minggu sekali setelah 7 sampai 10 hari setelah menstruasi. Karena hormon saat menstruasi sudah kembali normal," ujar Virgie Keen.

Ada dua hal penting yang harus dilakukan saat 'Sadari'. Pertama, lihat secara langsung penampilan payudara, tekstur, warna, bentuk, termasuk pada area puting payudara.

"Kedua palpasi yaitu meraba dengan tiga jari ke seluruh area payudara dengan cara memutar atau dari atas ke bawah. Rasakan adanya benjolan yang tidak biasa (amati perubahan pada benjolan lama yang lebih besar atau baru)," kata Virgie Keen.

Lakukan 'Sadari' di depan kaca dengan cara berdiri di depan cermin. Menurut Virgie Keen, letakkan tangan di samping tubuh, letakkan tangan melekat pada pinggul, lalu letakkan tangan di belakang kepala Anda. "Saat melakukan gerakan (seperti di gambar bawah) perhatikan perubahan pada payudara," jelasnya. 

Langkahlangkah Sadari Dok Pribadi AHCC
Langkah-langkah 'Sadari'. (Dok. Pribadi AHCC)

Saat melakukan 'Sadari', lanjut Virgie Keen, lihat perubahan dan bentuk payudara. "Penampilan kulit payudara apakah permukaannya lesung, kasar atu lainnya, amati apakah puting susu mengeluarkan cairan selain air dan apakah puting tertarik ke dalam," tambah Virgie Keen. 

Step selanjutnya dari Sadari, kata Virgie Keen, dapat dilakukan dengan berbaring dengan mengunakan tiga jari tengah untuk mengecek payudara sebelah kiri, tekan dengan kuat gerakan jari membentuk lingakaran untuk merasakan benjolan, mulai dari tepi payudara melingkar ke puncak payudara.

Cek seluruh payudara ketiak dan belakang puting, ulangi cara diatas untuk payudara sebelah kiri dengan tangan kanan. 

'Sadari' juga dapat dilakukan saat mandi dengan cara angkat lengan kanan dan tempatkan di belakang kepala, sabun lengan kiri lalu periksa payudara kanan seperti step yang dilakukan saat posisi berbaring dan lanjutkan cara yang sama untuk payudara sebelah kiri.

Sudah saatnya lebih perduli dengan kesehatan Anda. Bila ingin berkonsultasi dengan dokter secara langsung Anda dapat datang ke AHCC di jalan Undaan Wetan 40-44 Surabaya. (pts) 

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini