Presiden Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan lama tak muncul di hadapan publik. Hal ini memantik berbagai spekulasi tentang kesehatannya. (Foto:AFP)

Lama Tak Muncul, Keberadaan Kim Jong Un jadi Misteri

Internasional 25 April 2020 12:15 WIB

Teka-teki kemana Presiden Korea Utara Kim Jong Un menyeruak beberapa pekan terakhir. Kabar yang santer menyebutkan jika Kim Jong Un sedang dalam kondisi kesehatan yang buruk. Namun belum ada pernyataan resmi dari Korea.

Teka-teki kemana Kim Jong Un santer ketika presiden yang diduga berusia 36 tahun itu tidakmuncul pada ulang tahun kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, pada 15 April.

Sebelumnya, sebuah media online setempat, Daily NK, mewartakan jika Kim sedang dirawat di rumah sakit pada 12 April, dan menjalani operasi kardiovaskular. Kabar ini tentu mengkhawatirkan mengingat muncul di tengah pandemi covid-19.

Sebelumnya, tahun 2014 lalu, Kim sempat mendadak menghilang dari publik selama hampir enam minggu. Media setempat kemudian menyebut jika Kim menghilang karena menjalani pengobatan untuk mengangkat kista dari sendinya.

Selain itu, kondisi kesehatan yang memburuk juga diperkuat dengan kebiasaan sebagai perokok berat, kelebihan berat badan, serta riwayat penyakit jantung di dalam keluarganya. Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un, sempat mengalami strok pada tahun 2008 dan mendapatkan bantuan pengobatan dari doker asal China dan Perancis.

Reportase eksklusif Reuters menyebut jika sejumlah dokter dari China baru saja diberangkatkan menuju Korea Utara.Meski belum ada sumber resmi yang menjelaskan kebenaran kabar tersebut.

Meski Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menepis spekulasi tentang kabar Kim Jong Un yang sakit sambil berkomentar menyalahkan media setempat yang salah menulis kabar. “Saya rasa laporan itu salah,” kata Trump di depan reporter pada Kamis 23 April 2020.

Kabatr buruk dan hilangnya Kim Jong Un di tengah pandemi memunculkan kekhawatiran, terutama terkait suksesi kepemimpinan jika Kim benar-benar harus lengser, serta masa depan kepemilikan Korea Utara atas nuklir.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 18:43 WIB

Horeee...Wisata Kawah Ijen Resmi Dibuka

Nasional

Tapi wisatawan tetap wajib jalankan protokol kesehatan Covid-19

11 Jul 2020 18:32 WIB

Mulai Hari Ini Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Umum

Jawa Timur

Gunung Ijen masuk dua wilayah kabupaten, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso

11 Jul 2020 18:29 WIB

Prediksi Juventus vs Atalanta: Laga yang Sulit

Liga Italy

Atalanta belum terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...