Lagu Dianggap Vulgar, Orangtua Penyanyi 'Wik Wik, Ah Ah' Dihujat

08 Nov 2018 19:46 Musik

Sebuah lagu Thailand yang lebih dikenal dengan 'Wik Wik, Ah Ah' menarik perhatian publik, terutama di Indonesia. Tak heran jika lagu berjudul asli Moana itu ditonton lebih dari 15 juta kali di YouTube.

Video musik yang dibintangi oleh kedua penyanyinya, yakni Sittichai Vibhavadee dan Pennapa Naebchid, menggambarkan bagaimana sepasang kekasih yang terpaksa berpisah karena perbedaan status. Kemudian, si wanita harus menikah dengan pria pilihan kedua orangtuanya. Di sisi lain, mantan kekasihnya itu meminta si wanita memanggil namanya saat malam pertama.

Nah di sinilah, lagu beserta video musik yang dirilis pada pertengahan Mei 2018 itu menuai pro dan kontra di negara asalnya. Kata-kata 'Wik Wik, Ah Ah' yang diucapkan Pennapa Naebchid dengan desahan dianggap vulgar dan mengandung unsur seks.

Penampilan Pennapa Naebchid di video musik Moana alias Wik Wik Ah Ah
Penampilan Pennapa Naebchid di video musik Moana alias Wik Wik Ah Ah.

Sittichai Vibhavadee dan Pennapa Naebchid menyebut tidak ada yang aneh dengan lagu Moana. "Kami membacanya dan menyukainya. Musiknya menyenangkan. Meski terdengar sedikit naif, tapi lagunya tidak mengarah pada seks, tapi hanya sebuah cerita," katanya.

Sittichai Vibhavadee dan Pennapa Naebchid pun tak menyangka lagu tersebut akan menimbulkan pro dan kontra seperti sekarang ini. "Lagu ini harus menjadi lagu pertama di setiap kami tampil. Banyak yang tak mengenal kami, tapi hafal sekali dengan lagu ini," tutur mereka.

Meski sadar lagu yang mereka bawakan sedikit nakal, keduanya berusaha tetap bersikap profesional. Sittichai Vibhavadee dan Pennapa Naebchid pun meminta maaf apabila karya mereka dianggap vulgar dan merusak industri musik Thailand. "Niat kami menghibur. Tapi kami sadar, lagu yang kami miliki memang sedikit nakal," ucap Sittichai Vibhavadee.

Pennapa Naebchid tak kuasa menahan air mata saat tahu orangtuanya ikut dihujat netizen garagara lagu miliknya
Pennapa Naebchid tak kuasa menahan air mata saat tahu orangtuanya ikut dihujat netizen gara-gara lagu miliknya.

Sementara itu, Pennapa Naebchid mengatakan, hal paling membuatnya sedih adalah ketika netizen mengaitkan orangtuanya dalam hujatan.

"Mereka mengutuk orangtua kami, padahal kami hanya bernyanyi. Sebagai seorang seniman, kami hanya ingin bekerja dengan total. Membawakan lagu sesuai dengan cerita yang dikisahkan dalam lagu itu," ucapnya sambil berurai air mata.

Kendati demikian, lagu ini juga menjadi jembatan menuju kepopuleran bagi penyanyinya. Sittichai Vibhavadee dan Pennapa Naebchid sudah lama malang melintang di belantika musik Thailand. Namun, publik justru mengenal mereka setelah heboh lirik lagu 'Wik Wik, Ah Ah'. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini