Kyle Walker Ungkap Cara Guardiola Bangkitkan Motivasi Pemain

15 May 2019 15:26 Liga Inggris

Pemain Manchester City, Kyle Walker, mengungkapkan bahwa keberhasilan timnya meraih gelar keduanya secara beruntun tak lepas dari cara Pep Guardiola menyentuh hati para pemain lewat pesan-pesan yang emosional.

Kyle menyebutkan, manajer asal Spanyol itu kerap berbicara kepada pemain tentang semua hal yang bisa membuat emosi pemain tergugah. “Saya tidak akan sebutkan secara detail, tapi dia benar-benar selalu memasukkan semua (perasaan) ke dalam pidatonya (di depan semua pemain City), emosinya itu kadang-kadang menyentuh,” terang pemain Tottenham ini seperti dilansir dari Tribalfootball.

Kyle juga menyebutkan, Guardiola mengingat segalanya (mengingat setiap kejadian, hari istimewa pemain, dan momen-momen penting). Dia juga selalu mendedikasikan laga-laga tertentu untuk pemain-pemain tertentu. Serta bagaimana Guardiola menjadikan semua pemain terlibat di dalamnya dengan melaluinya bersama-sama.

Kyle juga mengatakan, hal itulah yang dilakukan Guardiola hampir di setiap pertandingan yang dijalani The Citizens. “Namun dari semua pidato Guardiola, pesan yang dia berikan adalah untuk tidak pernah menyerah,” katanya.    

Guardiola memang dikenal memiliki pendekatan yang berbeda dengan banyak pelatih lain. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu jago dalam mengaduk-aduk perasaan pemain, serta meningkatkan motivasi pemain di ruang ganti.

 

Setidaknya, cara ini masih sangat efektif untuk membangunkan semangat pemain di tengah kejenuhan mereka mengarungi kompetisi yang sangat panjang.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini