Tes kesehatan supir bus, di terminal Purabaya, jelang lebaran 2018. (foto: ngopibareng)

Tes Acak Kondisi Kesehatan Sopir Bus di Terminal Purabaya, Hasilnya Semua Sehat

08 Jun 2018 13:38

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Jelang puncak mudik lebaran yang diperkirakan baru akan terjadi pada H-3, Direktorat Lalu lintas, Polda Jawa Timur bersama dengan Dinas Perhubungan, mengadakan tes kesehatan dan tes urine kepada sopir dan kru bus lainnya di Terminal Purabaya Surabaya, yang berada di Sidoarjo. Tes kesehatan dan tes urin ini diadakan untuk memastikan kondisi fisik sopir angkutan umum, dalam kondisi yang sehat dan prima.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono mengatakan, tes kesehatan dan tes urin ini, rencananya akan dilakukan secara bertahap. Sementara itu, tes kesehatan dan tes urine yang tadi pagi dilaksanakan, setidaknya berhasil menjangkau kurang lebih 100 sopir bus umum yang ada di Terminal Purabaya Surabaya.

“Dari jumlah itu, semuanya memenuhi syarat kondisi fisiknya. Belum ada yang tidak memenuhi syarat hingga saat ini,” kata Heri.  

Selain melakukan tes kesehatan dan tes urine kepada sopir bus, pihak Kepolisan bersama Dinas Perhubungan juga melakukan pengecekan (ramp check) ke angkutan umum. Pengecekan ini untuk memastikan kelayakan jalan dari kendaraan tersebut.

"Kita sudah lakukan pengecekan tadi, dan sudah memasang stiker kelayakan kendaraan di setiap bus yang lolos tes kita tadi," katanya menambahkan.

Sementara itu, menanggapi adanya kegiatan tes kesehatan dan pengecekan kendaraan, salah satu sopir bus Marjito mengaku sangat mendukung dengan langkah yang diambil oleh petugas. Menurutnya upaya ini untuk lebih meyakinkan keselamatan penumpangnya.

"Ini sangat bagus, selain mengurangi kecelakaan, kita juga bisa memberikan rasa aman kepada penumpang kita yang hendak memakai jasa angkutan umum," ujar Marjito. (hrs)