Kunjungi Wisata Durian Kanjeng, Puti Ajak Masyarakat Kembangkan Produk Olahan Durian

Ngopibareng.id Jawa Timur 04 April 2018 15:35 WIB

Salah satu destinasi wisata di Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Ponorogo adalah wisata kampung durian. Desa ini merupakan daerah penghasil durian yang dinamakan durian Kanjeng.

Calon wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno dalam kampanyenya, Rabu, 4 April 2018 mengunjungi kampung durian yang terkenal besar-besar itu.

Kehadiran cucu Bung Karno itu diberi kesempatan memanen buah durian kanjeng dari pohonnya, bahkan juga disuguhi berbagi macam jenis durian. "Alhamdulillah di sini disuguhi makan durian. Saya tadi coba durian jenis kanjeng, montong, bajul dan merica," ujar Puti.

Ia mengaku dari berbagai jenis hanya satu yang paling disukai yaitu durian merica. "Saya pilih asli produk Indonesia yaitu durian merica," ucapnya.

Hadirnya pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) juga melihat potensi 'Wisata Durian Kanjeng' yang memiliki berbagai jenis durian merupakan bagian dari program yang diusung.

‎"Saya berharap ini target visi, misi dan program untuk mewujudkan seribu dewi atau seribu desa wisata. Kami yakin akan semakin banyak wisatawan ke sini," ungkapnya.

Program 'Seribu Dewi' itu, lanjut Puti, mengajak masyarakat dan warga sekitar bukan hanya mengembangkan potensi ‎desa wisata, namun juga untuk pertumbuhan ekonomi. "Di sini harus ada industri pengolahan duren, jadi bukan hanya untuk dikonsumsi saja, namun juga dikembangkan," imbuhnya.

Untuk mewujudkan itu, lanjutnya, pihaknya akan memberikan pelatihan-pelatihan agar para perempuan juga ikut bekerja. Misalnya, duren dikemas menjadi dodol, sirup, kripik dan nastar. "Saya yakin dengan pengolahan industri akan bisa mengangkat ibu-ibu yang ada di sini," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, upaya-upaya ini harus dikoneksikan dengan anak-anak muda milenial yang ikut terlibat dalam pemasaran. Apalagi saat ini jamannya teknologi digital, yang akan memudahkan seseorang dalam mempromosikan produknya.

Kehadiran cucu Presiden pertama RI, Soekarno itu disambut hangat ratusan masyarakat setempat yang sudah memadati Desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Bahkan, masyarakat setempat juga sudah berbaris dipinggir jalan hingga pintu masuk destinasi wisata bernama 'Duren Kanjeng' itu.

Sambutan itu bukan hanya itu saja, kedatangan pendamping Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) itu juga disambut pagelaran seni budaya 'Reog Ponorogo'. "Masyarakat sini berterima kasih atas hadir Mbak Puti. Kami siap memperjuangkan Mbak Puti menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur," kata Bambang Subagio, Ketua Pengurus Anak Cabang PDI Perjuangan Ngebel.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 09:27 WIB

KH Nawawi Sidogiri Tulis Maklumat Coblos Gus Ipul

Pilkada

KH Nawawi minta alumni santri dan Warga Kota Pasuruan coblos Gus Ipul.

26 Nov 2020 08:03 WIB

Kampanye Virtual ala Gus Ipul, Tetap Semangat dan Ceria

Pilkada

Calon walikota Pasuruan Saifullah Yusuf menggelar kampanye virtual.

23 Nov 2020 21:15 WIB

Hasil Swab Tes Gus Ipul Negatif Covid-19

Jawa Timur

Keluarga Gus Ipul terpapar Covid setelah pulang dari Jakarta.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...