Duduk di Jok Motor yang Panas Bisa Pengaruhi Kualitas Sperma

04 Nov 2019 14:43 Kesehatan

Pasangan suami istri yang lama atau belum mendapat momongan biasanya yang disalahkan istrinya. Banyak orang menganggap kaum wanita yang mengalami masalah kesuburan.

Spesialis Kandungan dari Morula IVF Indonesia Dr dr Amang Surya Priyanto Sp.OG mengatakan masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada perempuan, tetapi juga pada lelaki.

"Jadi masalah kesuburan bukan hanya terjadi pada perempuan saja. Laki-laki atau faktor lainnya juga bisa menjadi penyebabnya," katanya, Senin, 4 November 2019.

Amang menambahkan, masalah kesuburan pada lelaki, biasanya dipengaruhi kualitas sperma yang buruk. Buruknya kualitas sperma disebabkan banyak faktor. Sehingga tidak dapat membuahi sel telur.

"Nah, kualitas sperma yang buruk ini dipegaruhi oleh berbagai hal. Seperti saat masih kecil pernah menderita gondongan di testis, tentu saat dewasa akan mempegaruhi kualitas sperma yang dihasilkan," ujarnya.

Lanjutnya, selain karena penyakit, kualitas sperma yang buruk juga bisa dipegaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Seperti merokok, minum alkohol, memakai celana ketat, dan duduk di jok motor yang panas terlalu lama. 

"Biasanya laki-laki yang bekerja menggunakan motor, setelah motor diparkir di bawah matahari langsung digunakan kembali. Duduk di jok motor yang panas akan berpengaruh pada kualitas sperma," katanya.

Amang menjelaskan, untuk kaum laki-laki hal-hal seperti itu dapat diatasi dan diantisipasi dengan menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

"Kalau untuk jok motor yang panas, bisa diantisipasi dengan memberikan alas atau selimut di jok motor," katanya.

Di samping itu, kata Amang, tendangan di area kelamin laki-laki juga bisa menyebabkan kualitas sperma buruk. Bahkan bisa terjadi penyumbatan sperma. "Sebaiknya memang dihindari," kayanya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini