Ustadzah Mamah Dedeh. (Foto: Wikipedia)

Kronologi dan 6 Fakta Hoax Berita Mamah Dedeh Meninggal Dunia

Selebriti 27 May 2020 14:52 WIB

Penceramah Ustadzah Mama atau Mamah Dedeh dikabarkan meninggal dunia. Berita Mamah Dedeh meninggal-pun ramai dibicarakan di jagat maya. Banyak pertanyaan seputar Benarkah Mamah Dedeh Meninggal?

Namun kabar ini langsung dibantah orang-orang dekat Mama atau Mamah Dedeh. Ustaz Yusuf Mansur sebagai sesama penceramah juga langsung membantah kabar ini.

"Berita bahwa Mamah Dedeh wafat pagi ini... Alhamdulillaah. Hoax...Saya ngebel beliau lsg. Dan dijawab. Ceria. Sehat banget. Khasnya Mamah Dedeh. Ketawa2 renyah. Happy. Dan kata Mamah, saya orang yg ke 4 sd pagi barusan yg konfirmasi. Hehehe. Demikian ya. Agar jd pelurusan berita," tulis Yusuf Mansur dalam akun instagramnya.

Kabar meninggalnya Mamah Dedeh pertama kali muncul di berbagai WhatsApp group. Di twitter pertanyaan seputar berita Mamah Dedeh Meninggal juga mencuat.

Narasi Mamah Dedeh meninggal menyebutkan Mamah Dedeh meninggal pada Selasa, 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB di Eka Hospital BSD, karena Sakit.

Kronologi dan fakta seputar Hoax Mamah Dedeh Meninggal

1. WAG dan Media Sosial dibanjiri Kabar Mamah Dedeh Meninggal

Kabar meninggalnya Mamah Dedeh bermula dari pesan berantai yang berbunyi:
"Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun..
Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazdah tercinta panutan muslim tanah air, MAMAH DEDEH pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020 , pukul 22.28 WIB ,karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN.,".

2. Yang Meninggal Ternyata Bukan Mamah Dedeh
Dari hasil penelusuran, kabar meninggal yang benar adalah Dedeh Syahrawati (Ibu Dedeh, bukan Mama Dedeh) istri Mantan Wakil Gubernur Banten. Pesan awal dari kabar duka ini adalah:

Innaa lillaahi wa inna ilayhi rooji'uun..

Telah wafat Hj. Dedeh Syahrawati binti R. H. Moch Djuni

(istri dari Bpk. H.Mochamad Masduki Mantan Wakil Gubernur Banten, Kadinsos Jabar, Kadispenda Jabar, Asda Kesra Jabar) , krn sakit..di Eka Hospital BSD Malam ini 26 Mei 2020 jam 22.28 wib.

Mohon dimaafkan segala kesalahan dan dosa2nya, mohon doanya utk beliau agar Allah mengampuni semua dosa2 dan kesalahannya serta menerima seluruh Amal Ibadahnya..

dan mendapatkan husnul khaatimaah dan surga-Nya Allah Subhanahu Wa Ta'ala..

Aamin Yarobalallamiin..

3. Kerabat Mamah Dedeh Membantah

Komedian Abdel Achrian yang merupakan kerabat dan sahabat Mamah Dedeh langsung membantah kabar ini. Melalui akun twitternya, Abdel mengatakan: "Banyak yg nanya ke gw ttg berita di grup2 WA, katanya Mamah Dedeh meninggal. Beritanya gak bener. Mamah Dedeh sehat, barusan gw nelpon, beliau lagi ngegoreng tempe..Alhamdulillah.."

4. Ustaz Yusuf Mansur Juga Membantah Kabar Duka Ini.

"Berita bahwa Mamah Dedeh wafat pagi ini... Alhamdulillaah. Hoax...Saya ngebel beliau lsg. Dan dijawab. Ceria. Sehat banget. Khasnya Mamah Dedeh. Ketawa2 renyah. Happy. Dan kata Mamah, saya orang yg ke 4 sd pagi barusan yg konfirmasi. Hehehe. Demikian ya. Agar jd pelurusan berita," tulis Yusuf Mansur dalam akun instagramnya.

5. Sudah 4 Kali Mamah Dedeh Diberitakan Meninggal
Menurut penuturan Mamah Dedeh kepada Abdel, berita hoax Mamah Dedeh meninggal dunia kali ini merupakan yang ke empat kalinya.

6. Siapa Mamah Dedeh? Ini Profil Mamah Dedeh
Mamah Dedeh memiliki nama lengkap Dedeh Rosidah. Perempuan kelahiran Ciamis, 5 Agustus 1951 ini merupakan penceramah, seorang pendakwah, ustadzah yang selama ini dikenal luas setelah ceramahnya menghiasai layar kaca televisi Indonesia terutama Indosiar.

Semasa muda, Mamah Dedeh merupakan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Tangerang Selatan.

Beberapa acara rohani yang dibawakan Mamah Dedeh di antaranya:
1. Mamah dan Aa (Indosiar, 2007-2011)
2. Ceramah (Ceria Bersama Mamah) (Indosiar, 2011)[2]
3. Curhat Akbar (2011)[2]
4. Mamah On The Street (2011)[2]
5. Mamah dan Aa BerAKSI (Indosiar, 2013-2019)
6. Hati ke Hati Bersama Mamah Dedeh (ANteve, 2011-2013)
7. Rumah Mamah Dedeh (tvOne, 2019-sekarang)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 05:28 WIB

Start Turun 3 Posisi, Charles Leclerc Apes Nabrak Vettel

F1

Nasib apes Charles Leclerc dan tim Ferrari di F1 GP Styria 2020.

13 Jul 2020 04:49 WIB

Mendidik Anak Bersama Gus Baha: Anak Harus Dihormati

Islam Sehari-hari

Anak adalah penerus Kalimat Tauhid

13 Jul 2020 04:18 WIB

Menolak Perkumpulan Buta Tuli, Ini Kesadaran Kiai NU tentang Pers

Khazanah

Perjuangan KH Wahab Chasbullah menyebarkan dakwah NU

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...