Tiga mahasiswa membuat aplikasi kesehatan KREBS. (Foto: istimewa)
Tiga mahasiswa membuat aplikasi kesehatan KREBS. (Foto: istimewa)

KREBS, Aplikasi Cegah Obesitas Buatan Mahasiswa Unair

Ngopibareng.id Pendidikan 22 October 2020 19:00 WIB

Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berhasil menciptakan aplikasi bernama KREBS (Kebutuhan Harian Energi Tubuh Sehatku). Aplikasi berbasis self health assistance melalui great diet care untuk menurunkan angka kejadian obesitas di Indonesia.

Aplikasi buatan Vina Himmatus Sholikhah, Fatmah Septa Dewi dan Halfie Zaqiyah Gusti Puspitasari ini dikembangkan dalam kontes bertajuk Peran dan Inovasi Generasi Muda dalam Tantangan Global Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Kami mengambil subtema kesehatan sehingga terciptalah aplikasi KREBS,” kata Vina.

Aplikasi KREBSAplikasi KREBS

Vina menjelaskan, alasan mereka membuat aplikasi tersebut didasarkan pada masalah obesitas yang banyak terjadi di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang menyatakan bahwa angka prevalensi obesitas di Indonesia tahun 2013 sebesar 14,3 persen dan terus meningkat sebesar 21,8 persen pada tahun 2018.

Lebih lanjut, Vina mengatakan jika aplikasi tersebut memiliki fitur menu yang menyajikan kebutuhan energi harian seseorang. Selain itu, pengguna aplikasi juga akan mendapat rekomendasi mengenai daftar menu makanan yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan harian pengguna.

Berkat aplikasi ini, Vina dan kawan-kawan berhasil menjuarai perlombaan tingkat nasional dalam perlombaan 8th Public Health Competition yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lentera Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember (UNEJ).

Vina berharap, bisa mengembangkan aplikasi ini dengan menambahkan berbagai fitur. “Semoga ke depan tidak hanya mengikuti kompetisi tingkat nasional, namun juga kompetisi internasional,” tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 09:34 WIB

10 Rekomendasi KPAI Jelang Sekolah Tatap Muka

Pendidikan

Sekolah tatap muka direncanakan berlangsung pada Januari 2021.

01 Dec 2020 09:15 WIB

Waspada Happy Hypoxia!

Nasional

Orang tanpa gejala atau gejala ringan Covid-19 mengalami happy hypoxia.

01 Dec 2020 09:11 WIB

Superstrata Terra dan Ion, Frame Sepeda 3D Printing

Gowes Bareng

Meski proses pembuatan berteknologi tinggi, tapi komponen mudah didapatkan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...