Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito saat berkunjung di Universitas Airlangga, Surabaya, Senin 12 Maret 2018. (foto: ngopibareng)

KPU Jatim Bakal Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda

12 Mar 2018 20:48

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Eko Sasmito mengatakan ada sebanyak 35 persen pemilih muda yang nantinya akan berpartisipasi dalam pemilu 2018. Meski jumlah tersebut cukup banyak, Eko menilai masih banyak pemilih muda yang belum mengetahui balal calon kepala daerahnya.

Maka dari itu, Eko mengatakan pihaknya saat ini tengah berupaya melakukan sosialisasi terhadap pemilu muda supaya mau menyumbangkan suaranya di pilkada nanti.

"Saat ini ada sekitar 35 persen pemilu muda, tapi tidak semua pemilih muda paham dan familiar dengan bakal calon pemimpinnya, maka dari itu kita lakukan dari kampus ke kampus untuk sosialisasi pemilu," katanya, Senin 12 Maret 2018.

Namun dalam sosialisasi tersebut, Eko mengatakan ada satu kendala yang harus dia lewati. Yakni kurang rasa peduli terhadap memilih calon kepala daerah yang dirasanya kecil.

"Kami rasa problem sosialisasi ini rasa partisi mereka kecil. Maka dari itu kami harap melalui program goes to campus ini mampu menumbuhkan rasa partisipasi mereka," ucapnya.

Saat ini KPU tengah menggencarkan sosialisasi melalui kampus. Target yang dibidik ada 17 kampus, namun saat ini baru Universitas Airlangga yang dituju.

"Selain ke kampus-kampus, kami sosialisasi terus dengan melibatkan beberapa pihak seperti sosial media, yang menjangkau pemuda milenial," ujarnya. (hrs)