KPU Data Ulang Daftar Pemilih di Sulteng

15 Oct 2018 18:14 Politik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini tengah mendata ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayah terdampak bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng). Salah satunya dengan pemutakhiran data DPT.

"Harus pemutakhiran, kan banyak yang meninggal. Di Sulteng ini, saya belum dapat data detailnya. Jadi saya masih nunggu," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Malang, Senin 15 Oktober 2018.

Arief menambahkan meskipun terdampak bencana, operasional kantor KPU di beberapa wilayah di Sulteng sudah bisa berjalan. Hanya saja sebagian kecil operasional masih menempati tempat darurat.

"Kalau di Sulteng, itu dampaknya agak banyak. Bencana di empat kabupaten kota. Kemudian kantor KPU nya juga sedang berkantor di tempat yang darurat untuk yang kabupaten. Kalau yang provinsi masih aman," tambahnya.

Pria asal surabaya Jawa Timur ini menjelaskan apabila dalam suatu wilayah administrasi tidak bisa beroperasi semua, maka KPU harus mencarikan jalan keluar. Salah satunya, dengan memindahkan pemilih yang berada di dalam wilayah itu ke tempat-tempat sekitarnya.

"Kita mendata ulang lagi apakah pemilih-pemilih itu masih bisa bertempat di tempat itu. Kemudian yang kedua, apakah masih memungkinkan pemungutan suara di titik itu. Kalau tidak bisa berarti harus digeser," pungkasnya. (umr)

Penulis : Umar Alfa
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini