Poster sosialisasi launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, yang akan digelar pada 22 Februari 2020. (Foto: KPU Banyuwangi untuk Ngopibareng.id)

9 Hari Lagi KPU Banyuwangi Launching Pilbup 2020

Pilkada 14 February 2020 10:15 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi akan launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi pada Sabtu, 22 Februari 2020. Launching ini sebagai 'gong' untuk mengawali seluruh tahapan pemilihan orang nomor satu dan dua di kota ujung timur pulau Jawa ini.

Komisioner KPU Banyuwangi Divisi SDM, Parmas dan Sosdiklih, Dian Purnawan, mengatakan, persiapan untuk acara launching sudah mencapai angka 90 persen. Dalam launching itu, rencananya KPU Banyuwangi juga akan memperkenalkan maskot dan jingle KPU Banyuwangi.

"Kita juga akan mengenalkan maskot. Selama ini kita belum meluncurkan maskot dan jingle KPU Banyuwangi," kata pria yang sebelumnya pernah menjadi anggota badan Ad Hoc Bawaslu Banyuwangi ini.

Maskot dan jingle KPU ini merupakan hasil lomba yang diselenggarakan KPU Banyuwangi pada Desember 2019 lalu. Kompetisi pembuatan jingle dan maskot ini diikuti puluhan peserta. Karena memang terbuka untuk umum.

"Jadi pemenang 1, 2 dan 3 akan kita umumkan pada launching tersebut, termasuk penyerahan hadiah pemenang," ungkap Dian Purnawan.

Launching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini akan dilaksanakan di Lapangan Taman Blambangan, Banyuwangi. Tempat ini dipilih karena sesuai dengan kriteria tujuan sosialisasi yakni tempat keramaian dan tempat berkumpulnya masyarakat. Di tempat ini, meskipun tidak ada kegiatan biasa jadi tempat nongkrong warga setempat.

Targetnya, agenda KPU Banyuwangi ini bisa diketahui seluruh masyarakat. Sehingga mereka mengetahui seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yang akan digelar pada 23 September 2020.

"Harapannya masyarakat bisa mudah tahu dan mudah menjangkau. Target sasarannya adalah masyarakat secara umum," tegasnya.

Dian Purnawan menjelaskan, sosialisasi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi sudah dilaksanakan sejak November 2019 lalu.

Awalnya, launching agenda ini akan digelar 15 Februari 2020. Namun, momen tersebut berbarengan dengan kegiatan Banyuwangi festival. Sehingga launching diundur ke tanggal 22 Februari.

Pada launching nanti, KPU Banyuwangi akan mengundang sederet artis kondang Banyuwangi. Ada artis kawakan Catur Arum, lalu ada juga penyanyi kekinian Banyuwangi seperti Vita Alvia, Anggun Pramudita, dan Syahiba Syaufa.

Saat ini KPU Banyuwangi sedang melaksanakan tahapan pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (PPK). Jadwal pengumuman hasil tes wawancara untuk calon PPK pada Sabtu besok.

Pengumuman calon PPK dimunculkan 10 besar seseuai rangking. Setelah pengumuman masih ada tahapan tanggapan masyarakat tahap kedua dilanjutkan dengan tahapan klarifikasi. Setelah itu barulah diumumkan calon anggota PPK terpilih untuk dilantik pada 29 Februari mendatang.

"Bertepatan dengan pengumuman hasil wawancara, pada 15 Februari juga diumumkan pendaftaran PPS. Penerimaan PPS di tangggal 18 sampai  21 Februari," pungkasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Apr 2020 12:54 WIB

Hirup Uap Air Panas Dapat Membunuh Virus Corona?

Kesehatan

Dapatkan virus corona dalam tubuh dibunuh dengan menghirup uap air panas?

04 Apr 2020 11:56 WIB

Jarak 1 Meter, Ternyata Tak Aman Cegah Penularan Virus Corona

Teknologi dan Inovasi

Versi penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan MIT Amerika.

04 Apr 2020 11:05 WIB

Penyanyi Bill Withers Meninggal, Tapi Bukan Karena Corona

Tokoh

Penyanyi Bill Withers meninggal dalam usia 81 tahun, kemarin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.