Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat pisah sambut dengan pejabat sebelumnya, Susi Pudjiastuti. (Foto: Dok. KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat pisah sambut dengan pejabat sebelumnya, Susi Pudjiastuti. (Foto: Dok. KKP)

KPK Tangkap Menteri KKP Diduga Terjerat Benih Lobster

Ngopibareng.id Korupsi 25 November 2020 08:05 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Rabu 25 November 2020 dini hari.
Edhy Prabowo diamankan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, sepulangnya dari lawatan ke Amerika Serikat.

Edhy Prabowo diduga diamankan terkait kasus korupsi. Komisioner KPK, Nawawi Pomolango membenarkan adanya penangkapan terhadap Edhy Prabowo.

"Benar kita telah mangamankan sejumlah orang pada malam dan dinihari tadi. Maaf selebihnya nanti aja, saya masih dalam prjalanan ke kantor," kata Nawawi kepada awak media.

Belum diketahui latar belakang kasus dari penangkapan ini. Namun diduga terkait dengan aktivitas di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Majalah Tempo pernah menurunkan berita soal ekspor benur lobster pada Juli lalu. Di berita itu disebut, dalam kegiatan pembukaan ekspor benih lobster, KKP dilaporkan telah memberikan izin kepada 30 perusahaan yang terdiri atas 25 perseroan terbatas atau PT, tiga persekutuan komanditer alias CV, dan dua perusahaan berbentuk usaha dagang atau UD.

Penelusuran Tempo menemukan 25 perusahaan itu baru dibentuk dalam waktu 2-3 bulan ke belakang berdasarkan akta. Diduga sejumlah kader partai diduga menjadi aktor di belakang perusahaan-perusahaan ini.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah bersuara lantang menolak ekspor benih lobster. Bahkan, dia melarang ekspor benih lobster pada 2016. Namun, saat Edhy Prabowo menjabat aturan yang dibuat Susi Pudjiastuti itu malah "ditenggelamkan".

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 14:49 WIB

Gunung Raung Juga Erupsi, Keluarkan Asap Setinggi 400 meter

Warta Bumi

Sementara wilayah pemukiman penduduk aman.

21 Jan 2021 14:45 WIB

Tangkap Bandar, Polisi Sita 2,8 Ons Sabu dan 748 Ekstasi

Kriminalitas

Polresta Banyuwangi kembali melakukan penangkapan terhadap bandar narkoba.

21 Jan 2021 14:38 WIB

Yudi Latif: Muhammadiyah, Bentuk Terbaik Politik Identitas

Khazanah

Di tengah politik identitas menjadi masalah sekarang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...