Rumah Digeledah KPK, Mantan Ajudan Soekarwo Malah 'Refreshing'

09 Aug 2019 20:10 Kriminalitas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan penggeledahan di sejumlah titik di Kota Surabaya. Kali ini giliran rumah Karsali, eks Ajudan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang didatangi penyidik.

Pantauan ngopibareng.id, Jumat 9 Agustus 2019 di lokasi, tepat di depan rumah Karsali yang terletak di Sakura Regency Blok AA nomor 12 A, Surabaya, ini terparkir tiga mobil Toyota Innova berwarna hitam, berjajar.

Tentu saja ketiga mobil tersebut sama seperti yang dipakai KPK di dua hari sebelumnya.

Salah satu keamanan perumahan Sakura Regency, Karmani, yang juga mengkuti proses penggeledahan di dalam rumah Karsali, membenarkan bahwa penyidik KPK tengah melakukan operasi di sana.

"Iya dari KPK pakai rompi, di dalam, ada 6 orang (penyidik)," kata Karmani, kepada wartawan.

Para penyidik tersebut, kata Karmani nampak melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di sejumlah ruangan yang ada di rumah dua lantai itu.

"Keluar masuk ruangan," kata Karmani.

Selain itu, kata Karmani, ada pula 4 petugas kepolisian yang menjaga di dalam rumah tersebut. Mereka juga mengenakan seragam dan bersenjata lengkap.

Kata Karmani, saat digeledah Karsali tak berada di lokasi. Menurutnya saat ini Karsali tengah berada di luar kota.

"Nggak ada di rumah, ke luar kota, refreshing," kata dia.

Selain mantan ajudan Soekarwo, Karsali juga mantan Komisaris Bank UMKM Jawa Timur, dan saat ini diketahui menjabat sebagai Komisaris PT PWU Jatim.

 

Sementara itu Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan penggeledahan di rumah mantan Sekretaris Pribadi Gubernur Soekarwo, Karsali.

"Tim sudah bergerak ke rumah Karsali. Saat ini penggeledahan masih berlangsung," katanya, melalui pesan singkat.

Selain itu timnya juga telah menyatroni dua rumah lain, yaitu rumah mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda Jatim) Zainal Abidin dan Budi Juniarto.

"Sedang berlangsung penggeledahan di rumah Zainal abidin Jalan Asem nomor 1. Saat ini juga sedang rekonstruksi di rumah Budi Juniarto," ujarnya.

Meski saat tim Ngopibareng.id mendatangi lokasi sekitar pukul 15.45 WIB di Jalan Asem I, Surabaya yang notabene rumah dari Zainal tidak nampak ada penggeledahan. Ada belasan wartawan yang menunggu di depan rumah Zainal.

Namun ada segelintir info yang masih belum valid kebenarannya bahwa penggeledahan telah selesai dilakukan sejak siang tadi termasuk di rumah Budi Juniarto.

Sebelumnya, KPK telah menggeledah kediaman dari Kadishub Jatim Fattah Jasin kemudian Kantor Dishub Jatim serta rumah dari mantan Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi pada Rabu 7 Agustus 2019.

 

Tak berhenti sampai situ, kemarin Kamis 8 Agustus 2019, KPK menggeledah Kantor BPKAD Jatim di Jalan Johor, Surabaya. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini