KPK Periksa Anak MenkumHAM Yasonna Laoly

11 Nov 2019 10:54 Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil anak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Yamitema T Laoly sebagai saksi kasus suap yang melibatkan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Putra Yasonna akan diperiksa untuk saksi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Anshari. "Kami periksa sebagai saksi tersangka IA (Isa Anshari)," kata Plh Kepala Biro Humas KPK, Chrystelina GS, Senin, 11 November 2019.

Yamitema sendiri saat ini tercatat sebagai Direktur PT Kani Jaya Sentosa. Perusahaan ini diduga terkait dengan perkara ini.

Sementara itu selain memanggil putra Yasonna, KPK juga memanggil Istri Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin, Rita Maharani sebagai saksi.

KPK sendiri telah menetapkan Eldin sebagai tersangka setelah terjaring OTT KPK pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam perkara ini, KPK juga telah menetapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Isa Anshari serta Kasubbag Protokoler Syamsul Fitri Siregar sebagai tersangka.

Dzulmi Eldin diduga menerima suap Rp330 juta. Duit suap ini diduga untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas ke Jepang yang ditagihkan kepadanya. Kelebihan ini karena saat berangkat ke Jepang, Eldin mengajak anak dan istrinya.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini