Kota Malang Bakal Luncurkan Klinik Bisnis Mobile

21 Jan 2019 17:45 Pemerintahan

Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang berencana meluncurkan program yang ditujukan bagi para pelaku usaha pemula yang ingin membuka bisnis. Program tersebut bernama klinik bisnis mobile.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Tri Widyani Pangestuti mengatakan, program klinik bisnis sebenarnya telah dibuka dalam setahun terakhir. Hanya saja, klinik tersebut masih berada di kantor Dinas Koperasi dan UKM.

"Setahun ini sudah jalan, luar biasa dampaknya. Kami dikantor klinik bisnis rutin seminggu dua kali," katanya.

Yani sapaan akrabnya menjelaskan, klinik tersebut berfungsi untuk memberikan pemberdayaan dan pendampingan bagi para pelaku usaha baru. Dengan hadirnya klinik tersebut diakuinya memberikan dampak yang luar biasa.

"Setiap bulan peningkatan luar biasa," ujarnya.

Melihat hal itu, Wali Kota Malang Sutiaji pun merencanakan untuk membuka klinik bisnis secara mobile. Sehingga diharapkan pemberdayaan dan pendampingan bagi para pelaku usaha baru bisa dilakukan secara mobile.

"Jadi kami jemput bola bagi usaha mikro yang tempatnya kurang terjangkau dari mentor yang sudah kami berikan pendampingan," paparnya.

Sistemnya, pihaknya akan membawa tim ke kelurahan-kelurahan. "Nanti kalau disitu ada teman (pelaku) usaha mikro yang ingin memanfaatkan, bisa difasilitasi melakukan pendampingan," ujarnya. (umr)


Reporter/Penulis : Umar Alfa
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini